Headline copywriting yang memikat adalah kunci untuk menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan minat beli. Tanpa headline yang memikat, pengunjung tidak akan melakukan scroll hingga ke bawah landing page. Oleh karena itu, menguasai pembuatan headline dalam copywriting menjadi sebuah ilmu yang super penting untuk dikuasai. Berikut adalah beberapa contoh headline copywriting yang dapat diterapkan pada bisnis:
1. Personal Headline
Jenis headline copywriting yang menggunakan kata-kata yang bersifat personal. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan dapat memberikan manfaat langsung bagi pelanggan. Personal Headline adalah salah satu jenis headline copywriting yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat beli dan menarik perhatian calon pelanggan. Berikut adalah beberapa contoh Personal Headline yang dapat diaplikasikan pada bisnis Anda:
- “Buat Hidup Anda Lebih Sehat dengan Menu Catering Kami”
- “Jadilah Pribadi yang Lebih Hemat dengan Financial Planner Kami”
- “Rasakan Kenyamanan Tidur yang Lebih Baik dengan Kasur Berkualitas Tinggi”
- “Ciptakan Memori Indah dengan Liburan Keluarga yang Tak Terlupakan”
2. Urgent Headline
Jenis headline copywriting yang memberikan kesan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan harus segera dibeli atau digunakan. Untuk membuat Urgent Headline yang efektif, gunakan kata-kata yang mengandung urgensi seperti “sekarang”, “terbatas”, atau “segera”. Selain itu, melibatkan emosi pembaca dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pembaca juga dapat meningkatkan efektivitas Urgent Headline. Berikut adalah beberapa contoh Urgent Headline yang dapat diaplikasikan pada bisnis Anda:
- “Diskon 50% Khusus Hari Ini”
- “Beli 1 Dapat 2”
- “Beli Sekarang dan Dapatkan Gratis Ongkir Seluruh Indonesia!”
- “Hari Ini Terakhir! Segera Dapatkan Produk Terbaik Kami dengan Harga Terjangkau!”
- “Jangan Tunda Lagi! Dapatkan Penawaran Terbaik Kami Sekarang Juga!”
3. List Headline
Jenis headline copywriting yang berisi daftar manfaat atau fitur produk atau layanan yang ditawarkan. List Headline dapat membantu pembaca untuk memahami manfaat atau fitur produk atau layanan yang ditawarkan secara singkat dan mudah diingat. Untuk membuat List Headline yang efektif, pastikan untuk membuat daftar manfaat atau fitur yang spesifik dan relevan dengan target audiens. Berikut adalah beberapa contoh List Headline yang dapat diaplikasikan pada bisnis Anda:
- “10 Manfaat Luar Biasa dari Produk Perawatan Kulit Kami”
- “7 Alasan Mengapa Olahraga Rutin Penting untuk Kesehatan Anda”
- “10 Produk Teknologi Terbaru yang Akan Membuat Hidup Anda Lebih Mudah”
- “10 Resep Masakan Mudah dan Praktis untuk Hidangan Lezat di Rumah”
4. Selective Headline
Jenis headline copywriting yang lebih berfokus pada target pasar tertentu. Selective Headline cocok digunakan untuk menarik audiens dengan golongan yang lebih spesifik. Untuk membuat Selective Headline yang efektif, gunakan imbuhan spesifik yang diarahkan secara khusus ke target pasar. Berikut adalah beberapa contoh Selective Headline yang dapat diaplikasikan pada bisnis Anda:
- “Khusus Untuk Para Pecinta Kucing, Produk Perawatan Kucing Terbaik”
- “Hanya Untuk Anda Yang Ingin Meningkatkan Karir, Ikuti Kursus Karir Terbaik Kami”
- “Khusus Untuk Para Pecinta Olahraga, Temukan Peralatan Olahraga Terbaik”
- “Hanya Untuk Anda Yang Ingin Meningkatkan Kecantikan, Temukan Produk Perawatan Kulit Terbaik Kami”
5. Question Headline
Jenis headline copywriting yang mengajukan pertanyaan yang menarik dan membuat pembaca penasaran. Jenis headline ini cocok digunakan untuk copywriting yang berfokus pada solusi atas masalah yang dihadapi pembaca. Untuk membuat Question Headline yang efektif, pastikan untuk membuat pertanyaan yang fokus pada masalah atau harapan audiens. Berikut adalah beberapa contoh Question Headline yang dapat diaplikasikan pada bisnis Anda:
- “Mengapa Produk Perawatan Kulit Kami Lebih Baik dari Produk Lain?”
- “Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Produk Anda?”
- “Mengapa Olahraga Rutin Penting untuk Kesehatan Anda?”
- “Apa Saja Teknologi Terbaru yang Akan Membuat Hidup Anda Lebih Mudah?”
6. Curiosity Headline
Jenis headline copywriting yang bertujuan untuk menciptakan rasa penasaran pada pembaca. Cocok digunakan untuk copywriting yang berfokus pada solusi atas masalah yang dihadapi pembaca. Curiosity Headline dapat membantu pembaca untuk memahami masalah yang dihadapi dan menarik perhatian pembaca untuk membaca copy secara keseluruhan.
Contoh dari jenis headline copywriting ini adalah “10 Rahasia Sukses Bisnis Online yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya” atau “Mengapa Anda Harus Mencoba Produk Terbaru Kami?”.
7. Command Headline
Command Headline biasanya menggunakan kata-kata urgensi untuk menarik perhatian audiens. Jenis headline ini cocok digunakan untuk copywriting promosi, karena dapat memicu tindakan pembaca untuk segera membeli atau menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.
Contoh dari jenis headline copywriting ini adalah “Beli Sekarang dan Dapatkan Gratis Ongkir Seluruh Indonesia!” atau “Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon 50%!”.
8. Promotional Headline
Promotional Headline biasanya menggunakan kata-kata yang menarik perhatian dan menekankan manfaat atau keunggulan produk atau layanan yang ditawarkan. Jenis headline ini cocok digunakan untuk copywriting promosi, karena dapat meningkatkan minat beli dan memperkenalkan produk atau layanan kepada calon pelanggan.
Contoh dari jenis headline copywriting ini adalah “Temukan Produk Perawatan Kulit Terbaik Kami” atau “Dapatkan Diskon 50% untuk Produk Terbaru Kami”.
9. Indirect Headline
Indirect Headline biasanya menggunakan kata-kata yang ambigu atau memberikan kode untuk membuat pembaca penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang isi konten. Jenis headline ini cocok digunakan untuk copywriting yang berfokus pada solusi atas masalah yang dihadapi pembaca. Indirect Headline dapat membantu pembaca untuk memahami masalah yang dihadapi dan menarik perhatian pembaca untuk membaca copy secara keseluruhan.
Contoh dari jenis headline copywriting ini adalah “Mengapa Anda Harus Mencoba Produk Terbaru Kami?” atau “Inilah Rahasia Sukses Bisnis Online yang Tidak Banyak Orang Tahu”.
10. News Headline
News Headline biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk atau layanan baru kepada calon pelanggan. Jenis headline ini cocok digunakan untuk copywriting promosi, karena dapat menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan minat beli.
Contoh dari jenis headline copywriting ini adalah “Honda Indonesia Meluncurkan Mobil Terbaru dengan Fitur Terkini” atau “Dimarketing Kini Menyediakan Layanan Konsultasi Digital Marketing Gratis”.
Kesimpulan
Dalam membuat headline copywriting, pastikan untuk membuatnya sependek mungkin, akurat, dan jelas. Dapat memasukkan fakta unik tentang merek atau perusahaan ke dalam headline, dengan catatan ada sub-headline yang menguatkan copy tersebut. Selain itu, dapat mencantumkan kata-kata dari orang lain, kutipan buku, ayat dalam kitab suci, bahkan testimoni dari para pelanggan. Ingatlah bahwa headline atau judul adalah hal penting dalam copywriting, karena berfungsi sebagai pemikat utama pada konten Anda.