Niche Market sangat penting untuk pertumbuhan bisnis di segala bidang, baik barang maupun jasa.
Pada umumnya, perusahaan memiliki target pasar yang begitu luas dan tersebar di seluruh wilayah. Tetapi, ternyata hal ini diketahui belum bisa menjamin pendapatan akan sesuai dengan harapan yang telah direncanakan.
Maka dari itu, pentingnya niche pada kegiatan marketing di perusahaan anda. Karena ini akan membantu anda untuk mengerucutkan atau mempersempit target market produk/jasa anda hingga menemukan pelanggan potensialnya.
Yang pasti, niche market adalah target-target yang membutuhkan oleh produk atau jasa anda.
Mengacu pada hal tersebut, kali ini dimarketing akan membahas mengenai pengertian dari niche market beserta keuntungan-keuntungannya yang berpotensi untuk meningkatkan penjualan anda.
Contents
Pengertian Niche Market
Niche market memiliki target pasar yang paling sempit segmentasinya. Dalam artian, niche market memiliki fokus pada suatu kelompok target potensial saja. Dengan jumlah yang terbilang lebih sedikit dari mass market dan hanya menargetkan segmen pasar tertentu yang unik.
Sebagai contoh, katakanlah anda memiliki bisnis dengan berjualan sepatu. Anda membentuk branding kuat bahwa sepatu anda memiliki kualitas yang tinggi. Tentu hal ini mengharuskan anda menyesuaikan pasarnya berdasarkan target dari kualitas produk yang anda buat.
Kemudian anda memasarkannya pada target pasar kelas menengah ke atas. Dan dari sini, anda bisa menyempitkan segmentasi yaitu dengan membentuk niche marketnya. Seperti sepatu khusus untuk anak-anak, sepatu untuk remaja, dan sepatu untuk pria atau wanita.
Baca juga: Mengenal Pemasaran Holistik Beserta Komponennya
Keuntungan dari penerapan Niche Market
Adapun beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan pembentukan niche market usaha anda. Diantaranya,
Minimnya persaingan
Dengan target pasar yang kamu tentukan, anda akan jarang menemukan usaha yang memiliki target pasar sama dengan anda. Tetapi perlu diingat, hal ini akan berkembang dengan seiring waktu. Target pasar yang anda bentuk, juga bisa menggiring usaha lain membentuk target pasar yang sama dengan target yang anda tentukan.
Baca juga: Ketahui Pentingnya Martech (Marketing Technology) Untuk Bisnis Anda
Fokus pada usaha
Anda bisa mendapatkan fokus pada usaha anda. Karena bisnis anda memiliki target yang jelas. Hal ini dapat membantu untuk mempermudah pekerjaan anda.
Misalnya, saat anda mengetahui kebutuhan konsumen yang secara dominan biasnya dibutuhkan oleh mereka. Anda bisa memaksimalkan fokus usaha anda pada persediaan kebutuhan konsumen. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi strategi untuk memaksimalkan penjualan dan promosi.
Mendapatkan Loyalitas Pelanggan
Dengan target yang sempit dan fokus. Memungkinkan pelanggan tidak menemukan kebutuhan mereka pada kompetitor anda. Dengan begitu, pelanggan akan loyal dengan produk atau jasa yang anda sediakan.
Dari sini anda tidak perlu mengkhawatirkan persoalan loyalitas dari pelanggan. JIka, fokus pada usaha yang anda lakukan sudah anda maksimalkan. Karena dari sinilah, anda bisa memelihara loyalitas pelanggan anda.
Perbedaan Niche market Dengan Mass Market
Tentu dari keduanya memililki perbedaan. Jika Niche market memiliki target yang sempit dan fokus, maka Mass market adalah kebalikannya. Target mass market adalah masyarakat yang jangkauannya sangat luas dan terbilang lebih umum.
Selain itu, pada masing-masing market tersebut. Perusahaan memiliki tujuan yang berbeda, dengan niche sebagai tujuan utama untuk memaksimalkan penjualan, sekaligus memelihara loyalitas pelanggan potensial. Sedangkan pada Mass market, perusahaan berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinilai kebutuhannya memiliki target lebih umum yang jangkauannya lebih luas.