Email marketing merupakan salah satu elemen dari marketing strategi. Strategi ini melibatkan penggunaan email untuk memberi tahu pelanggan tentang berita perusahaan, baik mengenai promosi dengan penawaran waktu terbatas, perilisan produk baru dan masih banyak lagi.
Contents
Apa itu email marketing?
Email merupakan alat komunikasi yang kuat. Karena, jika dilakukan secara efektif. Ia dapat digunakan sebagai pembangun hubungan. Baik antara pebisnis dengan pelanggan potensial sebagai upaya peningkatan penjualan.
Di era digital ini, siapa pun yang memiliki pengalaman email marketing sangat berharga bagi bisnis atau industri apa pun. Oleh karena itu, jika kamu tertarik dengan dunia marketing, Kamu harus memiliki pemahaman yang kuat tentang cara kerja dan strategi email marketing. Karena, hal ini dapat menjadi daya saing untuk berkarir di dunia marketing.
Kelebihan dari E-mail marketing
Pertama-tama, kamu bisa coba untuk membandingkan strategi email marketing yang kamu miliki dengan strategi yang dimiliki kompetitor. Kemudian, lakukan analisa terhadap komunikasi dan visualisasi yang digunakan kompetitor untuk mengetahui bagaimana respon yang diterima dari pelanggan.
Nah dari hal ini, Email marketing tentunya dapat menjadi strategi dengan pengeluaran yang minim biaya dan juga efektif, baik untuk produk ataupun jasa untuk bisnis yang kalian miliki.
Biaya pemasaran terbatas
Perlu diketahui, bahwa biaya penggunaan email marketing dapat jauh lebih rendah dibandingkan dengan melakukan pengiklanan di TV. Buktinya, ada beberapa tools yang menyediakannya secara gratis di website. Kalian bisa cek sendiri di google ya untuk toolsnya.
Sebagai contoh, Kalian mengirim email menggunakan beberapa tools gratis tersebut. Kira-kira, kalian dapat mengirim 12.000-an email perbulannya hingga mendapatkan 2000 kontak secara cuma-cuma.
Tapi, jika target kalian lebih besar dengan batasan waktu yang singkat, disarankan kalian untuk memilih berlangganan. Karena, dengan berlangganan kalian dapat mengirimkan email dan mendapatkan kontak lebih banyak.
Memiliki dampak yang tinggi
Pencapaian Email marketing dapat 40 kali lebih efektif dari media sosial. Berdasarkan riset dari McKinsey & Company, Penggunaannya menunjukkan bahwa penemuan customer ideal dengan perilaku transaksi dapat terjadi 3x lebih efektif dibandingkan dengan platform media sosial.
Mudah diakses
80% pengguna smartphone memiliki akses terhadap email. Hal ini bisa dikatakan bahwa power dari email marketing untuk meraih pasar ideal lebih dimudahkan. Selain itu, kalian dapat melakukan pemasaran tanpa spesifikasi waktu, dengan kata lain dapat dilakukan di 24 jam per hari.
Platform yang berkembang
Di tahun 2019, pengguna email mencapai 3,9 Miliar, dan itu merupakan angka yang dapat di proyeki untuk tumbuh mencapai 4,3 miliar hingga tahun 2023. Artinya, beberapa tahun ke depan, separuh dari seluruh populasi dunia akan menggunakan email.
Lebih efisien
Tim marketing dapat menciptakan, menjadwalkan, dan mengirim ke beberapa customer hanya dengan satu klik. Karena pada dasarnya email marketing juga memiliki tool-tool otomatis yang menjadikannya lebih efisien.
Dapat membangun relasi
Dengan hanya bermunculan secara konsisten di kotak masuk pesan atau inbox email pelanggan, bisa dikatakan kamu memiliki kesempatan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan mereka.
Karena, kamu telah menciptakan peluang yang interaktif dengan pelanggan. Selain itu, Email juga menawarkan kemampuan untuk mempersonalize konten kamu sesuai dengan preferensi dari pelanggan. Hal ini dimungkinkan untuk menyesuaikan konten-konten yang menarik perilaku pembelian mereka.
Bagaimana Cara Kerja Email marketing?
Email marketing dirancang untuk mendukung strategi pemasaran digital secara keseluruhan. Dan tentunya strategi ini dilakukan melalui kampanye email yang dapat dikoordinasikan dengan melakukan pemasaran. Adapun beberapa tools yang digunakan untuk melakukan email marketing. Yaitu Mailchimp, Campaign Monitor, Constant contract, dan Cokemail.
Tips Cara Membuat E-mail Marketing
Setelah mengetahui bagaimana itu Email marketing dapat digunakan, dan beberapa kelebihannya. Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu kalian untuk memulai membuat kampanye melalui email marekting.
Buatlah email list
Untuk mendapatkan audiens yang luas, kamu butuh mengembangkan audiens lebih besar lagi dengan membuat list-list email berisikan email pelanggan dan target pelanggan.
Kirim konten yang berkualitas
Goals dari email adalah untuk mengkomunikasikan sesuatu yang penting untuk pembaca. Jadi perlu membuat strategi email marketing seperti copywriting yang menarik dan konten yang berkualitas agar user tertarik untuk membuka email kalian.
Manfaatkan otomatisasi
Dengan melakukan otomatisasi pada email, kalian dapat membuat serangkaian email untuk dikirimkan kepada pelanggan secara praktis dan cepat. Tentunya, email yang telah diatur secara otomatis tersebut dapat dipicu melalui tindakan. Contohnya, jika email yang telah dikirimkan kepada pelanggan mendapatkan respon, maka email pun akan mengirimkan balasan kembali sesuai dengan pengaturan yang telah direncanakan.
Hal ini berarti, kamu hanya memerlukan sedikit waktu untuk menjadwalkan dan mengirim email. Sekaligus, dapat membantu dalam memaksimalkan upaya pemasaran untuk tim marketing kalian. Mengingat manfaat penghematan waktu juga diperlukan dalam melakukan strategi marketing apapun.
Paham Analisis
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari melakukan email marketing, Kalian juga perlu melakukan analisis terhadap strategi tersebut yang telah dilakukan. Sehingga kamu tahu, strategi email yang mana dan seperti apa yang efektif dan berhasil untuk digunakan. Dengan ini, kamu dapat meningkatkan strategi marketing melalui informasi dari hasil analisis yang telah dilakukan.
Kesimpulan
Email Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang lebih efektif jika dibandingkan dengan media sosial dalam segi membangun relasi dengan pelanggan. Jadi, harapan dari tim dimarekting dengan adanya artikel ini yaitu dapat membantu bisnis kalian untuk menemukan strategi yang efektif juga membangun relasi dengan pelanggan yang lebih luas.