Penggunaan martech semakin dibutuhkan untuk membantu aktifitas marketing. Marketing technology yang dimaksud adalah kegiatan marketing yang dibantu oleh tools marketing untuk memudahkan aktifitasnya di era digital ini.
Digital marketing pun akan terbantu oleh marketing technology untuk berkomunikasi dengan klien atau bahkan melakukan kampanye promosi untuk bisnis.
Simak penjelasan dari tim dimarketing mengenai marketing technology lebih lanjut.
Contents
Pengertian Marketing Technology
Marketing Technology atau martech merupakan strategi marketing yang mengacu pada penggunaan teknologi. Dan kegiatan marketing akan dibantu dengan beberapa tools untuk merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran, hingga mencapai tujuan pemasaran.
Dengan diterapkannya penggunaan tools untuk para marketer. Diharapkan marketing yang dilakukan bisa menjadi lebih efektif dan efisien dengan adanya sistem automasi tools tersebut.
Sama halnya yang dilakukan oleh dimarketing selain menjadi jasa digital marketing untuk bisnis dan organisasi tim kami juga dibekali dan menggunakan digital marketing technology, yang membantu tim dimarketing untuk meningkatkan penjualan bisnis dan usaha anda.
Fungsi Marketing Technology
Dengan adanya penggunaan automasi oleh tools pada marketing technology, tentunya hal ini sangat membantu marketer dalam proses melakukan marketing. Selain itu, hasil dari penggunaan tools tentunya akan beragam yang dapat menunjukkan fungsi-fungsi lain dari adanya marketing technology ini. Berikut adalah fungsi-fungsi dari martech,
Pengumpulan data dan analisis
Jika anda terbiasa menggunakan media sosial. Anda pasti tahu, bahwa media sosial sudah dilengkapi dengan fitur report yang bisa anda akses kapan saja secara gratis. Pada halaman tersebut, anda bisa lakukan evaluasi data dan pengumpulan dat. Yang kemudian, anda bisa gunakan data terebut sebagai bahan analisis untuk marketing bisnis anda.
Selain pada sosial media, anda juga bisa gunakan beberapa tools lain untuk melakukan pengumpulan data sebagai alat bantu untuk mengukur efektifitas marketing kampanye yang telah dan sedang dilakukan.
Iklan dan Promosi
Martech sudah menjadi salah satu unsur yang harus ada, saat melakukan penargetan pada iklan atau promosi. Karena pengiklan dapat dimudahkan untuk melakukan penargetannya dan kampanye melalui tools martech, seperti Google Ads, Facebook Pixel, dan lain sebagainya.
Selain itu, sebelum tim penginklan dan anda mencoba untuk melakukan peluncuran iklan, anda perlu menggunakan data mengenai konsumen yang anda miliki, sesuai dengan target dari produk atau jasa yang anda buat. Misalnya, audiens pada website anda, atau sosial media, hingga pelanggan setia anda yang melakukan pembelian produk anda.
Target yang anda siapkan dimungkinkan berbeda, dengan begitu perlunya data konsumen untuk melakukan penargetan sebelum diluncurkannya iklan dan promosi.
Penjualan dan pemasaran
Pada penjualan dan pemasaran juga dapat dilakukan dengan automasi tools. Fungsi dari martech pada penjualan dan pemasaran ini menjadikan alur informasi mudah untuk tersampaikan. Baik untuk penjualan, pemasaran, distribusi dan logistik, atau bahkan seluruh rantai pasokan.
Selain dapat menjadikan alur informasi tersampaikan dengan baik, martech juga dapat membantu anda untuk merampingkan semua tugas administratif.
Tentunya, hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas operasional pada sisi penjualan dan pemasarannya, yaitu dengan dimudahkannya untuk mengontrol tingkat persediaan untuk menyeimbangkannya dengan permintaan pelanggan melalui data perolehan dari penggunaan tools martech.
Manajemen konten
Saat ini, konten dibuat untuk meningkatkan pemasaran bukan? maka diperlukannya manajemen konten agar kualitas selalu persisi dengan tujuan awal perusahaan memutuskan untuk membuat konten.
Peran martech disini, memudahkan para content creator untuk melakukan jadwal upload konten atau juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing perusahaan. Seperti pull dan push marketing menggunakan SEO, SEM hingga SMM untuk meningkatkan traffic pada website.
Baca juga: Tingkatkan Traffic Website dengan Konten Evergreen
CRM (Customer Relationship Management)
Memanajemen hubungan pelanggan dengan perusahaan bukanlah hal yang mudah. Hal ini pun membutuhkan strategi marketing untuk memelihara hubungan yang baik sepanjang hidup pelanggan.
Karena hal ini masih berhubungan dengan komunikasi, data pelanggan yang anda miliki, hingga kualitas produk atau jasa yang memungkinkan alasan dari pelanggan anda menjadi setia.
Untuk memudahkan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, anda bisa gunakan bantuan dari beberapa tools marketing technology untuk mengirimkan broadcast reminder pada kontak pelanggan saat anda memiliki event khusus mengenai produk atau layanan anda, atau kegiatan lainnya yang memerlukan anda untuk berhubungan dengan pelanggan.
Pengaruh Penggunaan Marketing Technology
Pada dasarnya, teknologi sudah merambah pada ranah pemasaran, dan mampu merubah sistem dan strategi pemasaran secara total. Hingga siapapun harus melakukan ekspansi strategi marketingnya.
Berikut dampak atau akibat dari penggunaan tools marketing technology
- Meningkatkan Efektifitas Marketing
- Meningkatnya pemasaran
- Pelanggan mendapatkan pengalam lebih baik
- Mudahnya pengumpulan data
- Dapat meningkatkan alokasi anggaran untuk marketing
Adapun beberapa tools martech yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Yang berdasarkan dari fungsi dan pengaruh dari penggunaan tools martech yang sangat memudahkan pekerjaan marketing.
Anda bisa dapatkan dan gunakan tools martech dengan melakukan penelusuran di google, dengan kata kunci “tools Martech stack” kemudian anda akan disajikan dengan banyak rekomendasi tools martech. Dan silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dari kegiatan marketing yang anda lakukan.