Konten Marketing Blueprint: Pengertian dan Cara Membuatnya

Pengertian Konten Marketing Blueprint

Konten Marketing blueprint merupakan strategi untuk menggerakkan elemen-elemen penting pada pemasaran. Seperti Promosi, branding, hingga perencanaan komunikasi.

Pada tahap ini, hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan penelitian, analisis untuk memahami audiens atau target pasar anda.

Dan perlu diketahui, jika konten marketing blueprint ini bukanlah bentuk dari strategi marketing. Melainkan cara mudah untuk mengekspresikan strategi yang anda miliki. Misalnya untuk melakukan penelitian, analisis terhadap audiens dan target pasar anda.

Selain itu, anda bisa memutuskan channel mana yang dibutuhkan atau platform-platform yang perlu anda gunakan. Nah, peran dari strategi marketing pada konten marketing blueprint ini membantu anda mengekspresikan kegiatan marketing secara ringkas dan jelas.

Setelah itu, dimarketing akan menjelaskan mengapa perusahaan anda membutuhkan konten marketing blueprint?simak penjelasannya,

Mengapa Konten Marketing Blueprint anda Butuhkan?

Alasan dari mengapa perusahaan memerlukan konten marketing blueprint? Berikut jawabannya,

  • Lebih Jelas, Karena blueprint fokus pada tujuan dan topik pembuatan konten marketing. Tidak membutuhkan banyak file untuk menjelaskannya secara rinci. Selain itu, blueprint memiliki peluang untuk ditinjau lebih besar daripada 20 slide strategi deck.
  • Membuat Tim Lebih Fokus, Ide konten bisa akan terus mengalir. Jikalaupun ide belum bisa ditampung pada konten marketing blueprint anda. Konten bisa disisihkan untuk masuk ke dalam backlog.
  • Sebagai Pengingat Alasan blueprint dibuat untuk sukseskan konten, Sebelum anda melakukan pekerjaan anda, alangkah baiknya untuk melihat blueprint yang anda miliki. Dari sini, fokus anda akan kembali mengingat pada tujuan awal pembuatan konten. Agar konten sukses dibuat dan sesuai dengan goals utama perusahaan.

Baca Juga: Jasa Digital Marketing: Keunggulan dan Manfaatnya

5 Step Membuat Konten Marketing Blueprint

Proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Jadi, persiapkan sekarang juga! Inilah step yang bisa anda lakukan:

1. Tentukan Misi Untuk Konten Anda

Misi konten bisa anda mulai dengan memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan audiens anda. Hal ini akan membantu untuk membangun value dari brand, karena memiliki penjelasan yang tepat dan menjawab segala pertanyaan dan keraguan dari audiens anda.

Anda bisa melakukannya dengan melihat siapa (who) audiens anda, dengan Apa (what) yang mereka butuhkan, baik informasi dan sebagainya. Dan juga beri alasan (Why) kenapa audiens perlu memperhatikan konten anda.

Ini tidak hanya akan menjadi pertanyaan saja, tapi akan membantu anda untuk mendapatkan penjelasan yang jelas dari calon konsumen mengenai keinginan dan kebutuhan mereka.

Anda bisa gunakan hasilnya untuk mengeksekusi konten yang berbeda dari kompetitor anda untuk mendapatkan perhatian lebih dari audiens.

2. Menyelaraskan pemasaran konten Anda dengan tujuan bisnis Anda

Jadi pada step ini, Anda harus memfokuskan kegiatan konten marketing pada goals perusahaan. Tetapi tetap memperhatikan kebutuhan informasi yang bisa disajikan untuk audiens, perusahaan, dan juga bisnis.

3. Deskripsikan Tujuan Dengan Jelas

Step ini perlu anda lakukan untuk memberikan definisi pada tujuan anda membuat konten. Seperti halnya, Channel apa yang ingin anda gunakan untuk meraih target audiens anda. Anda perlu memikirkan channel mana yang biasa digunakan oleh target anda, tidak melakukannya secara random.

Setelah itu, anda perlu tentukan audiens yang seperti apa yang sesuai dengan konten yang ingin anda bagikan? anda perlu menemukan jawabannya sebelum menyebarkan konten, agar tidak sia-sia pembuatan konten anda.

Yang terakhir adalah, berikan tujuan dari goals konten anda yaitu apa alasan anda membagikan konten. Dan pastikan editing sesuai dengan maksud dari pembuatan kontennya.

4. Jelaskan Aspek-aspek Pembuatan Konten

Saat anda memiliki gambaran jelas mengenai aspek yang anda miliki. Bagaimana akan memulai dan mengakhirinya, maka anda siap untuk melanjutkannya pada step ke-5.

5. Pelajari Lebih Dalam Topik dan Pesan

Pada tahap terakhir ini mengapa anda perlu mempelajari topik dan pesan dari konten anda secara mendalam?

Jawabannya, karena dengan mempelajarinya lagi dan lagi, harapannya anda bisa menemukan sudut pandang yang unik yang bisa membuat konten anda berbeda dari kompetitor lainnya. Dan anda bisa selalu suguhkan sudut pandang yang unik pada konten-konten yang dibuat untuk menarik perhatian audiens.

Hal ini tentu akan menjadikan konten yang dibagikan untuk disukai dan ditunggu-tunggu oleh audiens.

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)