Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sangat membantu pekerjaan dalam menghitung angka sehingga dapat selesai lebih cepat dengan hasil akurat. Salah satu fitur yang sangat penting dalam Excel adalah menghitung persentase. Dalam artikel ini, Dimarketing akan membahas cara menghitung persentase di Excel dengan mudah dan akurat.
Contents
Contoh Menghitung Selisih Antara Dua Angka dan Menampilkannya sebagai Persentase
Misalnya, pendapatan untuk departemen Anda adalah $2.342 di bulan November dan $2.500 di bulan Desember. Berapakah persentase perubahan pendapatan antara kedua bulan tersebut? Untuk melakukan tugas ini, gunakan operator kurang (-) dan bagi (/) dalam satu rumus. Jika B2 menunjukkan pendapatan November, dan C2 menunjukkan pendapatan Desember, Anda dapat menggunakan rumus =(C2-B2)/ (B2) di D2 untuk mengetahui selisihnya: Rumus ini membagi selisih antara angka pertama dan kedua dengan nilai dari angka pertama untuk mendapatkan perubahan dalam persentase. (Dalam contoh ini, selisih diformat sebagai persentase dengan dua angka desimal.)
Memformat Angka sebagai Persentase
Meskipun angka dapat diformat langsung sebagai persentase, hasil yang Anda dapatkan setelah memformat bisa berbeda-beda, tergantung apakah angka itu sudah ada dalam buku kerja Anda. Jika Anda menerapkan format Persentase pada angka yang sudah ada dalam buku kerja, Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persentase. Misalnya, jika satu sel berisi angka 10, Excel akan mengalikan angka itu dengan 100, yang berarti Anda akan melihat 1000.00% setelah menerapkan format Persentase. Mungkin bukan ini yang Anda harapkan. Untuk menampilkan persentase secara akurat, sebelum Anda memformat angka sebagai persentase, pastikan angka itu telah dihitung sebagai persentase, dan ditampilkan dalam format desimal. Persentase dihitung menggunakan persamaan jumlah / total = persentase. Misalnya, jika sebuah sel berisi rumus =10/100, hasil penghitungannya adalah 0.1. Jika Anda kemudian memformat 0.1 sebagai persentase, angka itu akan ditampilkan dengan benar sebagai 10%.
Rumus Excel untuk menghitung persentase penurunan pendapatan
Misalnya, pendapatan Anda adalah $2.342 di bulan November dan $2.425 di bulan Januari. Berapakah persentase penurunan pendapatan Anda antara November dan Januari?
- Menghitung Persentase Penurunan Pendapatan sebelumnya: $2.342
Langkah 1: Menghitung Selisih Pendapatan
Selisih pendapatan = Pendapatan sebelumnya – Pendapatan saat ini
= $2.342 – $2.425
= -$83
Langkah 2: Menghitung Persentase Penurunan
Persentase penurunan = (Selisih pendapatan / Pendapatan sebelumnya) * 100
= (-$83 / $2.342) * 100
= -3.53%
Hasil
Persentase penurunan pendapatan Anda antara November dan Januari adalah -3.53%.
Cara Menghitung Persentase Penurunan di Excel
- Membuat Sel untuk Pendapatan Sebelumnya Pilih sel kosong.
- Membuat Sel untuk Pendapatan Saat Ini Pilih sel kosong.
- Menghitung Selisih Pendapatan Pilih sel kosong.
- Menghitung Persentase Penurunan Pilih sel kosong.
Dalam artikel ini, Dimarketing telah membahas cara menghitung persentase di Excel dengan mudah dan akurat. Dengan memahami rumus-rumus tersebut, Anda dapat dengan mudah menghitung persentase di Excel dan meningkatkan produktivitas kerja Anda. Jangan lupa untuk langsung praktik agar lebih paham dan terbiasa menyelesaikan tugas-tugas Excel yang berhubungan dengan persen. Semoga bermanfaat!