Gaet Calon Konsumen Anda Dengan Green Marketing

Strategi green marketing adalah salah satu dari ratusan strategi yang bisa diimplementasikan untuk berbagai macam model bisnis.

Memang dari sekitar ratusan bentuk strategi marketing yang bisa dilakukan tersebut tidak menutup kemungkinan jika itu bisa melahirkan peluang strategi lain untuk dilahirkan.

Semua tujuan marketing tentu untuk meningkatkan perkembangan brand, awaraness, trust hingga penjualan dengan cara yang baik dan tidak lupa untuk bisa dipertanggung jawabkan.

Salah satu bentuk strategi marketing yang bisa memberikan tanggung jawab untuk kesehatan alam dan manusia adalah green marketing. Bagaimana demikian? karena strategi ini dikenal dengan istilah hijau yang direferensikan pada bumi, alam, dan kesehatan lingkungan.

Kemudian bagaimanakah green marketing strategy ini melakukan perannya untuk menggaet calon konsumen? Apa hubungannya marketing dengan lingkungan hijau, dan sebagainya.

Maka, dimarketing akan membeberkan segala maksud dari apa itu strategi pemasaran hijau hingga contoh implementasinya.

Pengertian Strategi Green Marketing

Strategi pemasaran hijau ini adalah bentuk strategi yang dilakukan untuk mempertimbangkan aspek lingkungan berkelanjutan dan ramah lingkungan oleh perusahaan.

Tujuan dari strategi ini yaitu untuk mengajak para konsumen dan calon konsumen untuk ikut turut dalam menjaga kelestarian alam, sekaligus memberikan dukungan kepada konsumen yang turut melestarikan lingkungan agar mereka dapat mempertahankan aksinya tersebut bersama brand.

Pada masa globalisasi ini, dirasa sudah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Bahkan ini bisa menjadi salah satu strategi yang sangat bagus untuk dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan di dunia.

Selain untuk bisa juga untuk meningkatkan awareness perusahaan dan pelanggan terhadap keselamatan lingkungan alam. Ini bisa menumbuhkan perusahaan untuk mendapatkan antisipasi yang sama dari beberapa calon pelanggan.

Tujuan Green Marketing Perlu Dilakukan

Mungkin dari beberapa perusahaan belum mengetahui jika strategi ini sangat perlu dilakukan, bahkan harus dilakukan sekarang juga.

Karena situasi bumi yang kritis dari pemanasan global, dampak dan pengaruh buruk pada ekosistem alam sudah mencapai puncak krisis yang memerlukan penanganan dari penduduk bumi.

Tidak hanya dari 1 atau 2 orang berpengaruh saja, Melainkan perlunya kekuatan besar yang bisa menyokong kegiatan ini hingga pelosok negeri.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis dan perusahaan yaitu dengan menerapkan startegi green marketing ini. Mengingat kebutuhan produksi oleh perusahaan untuk menyesuaikan standar yang baik memerlukan konsumsi bahan yang kurang ramah lingkungan lebih besar, misal plastik dan kerasnya bahan kimia.

Maka dari itu, harapan dari ditekankannya penggunaan-penggunaan bahan yang tidak ramah lingkungan tersebut perlu di realisasikan melalui strategi pemasaran hijau ini.

Nah inilah pentingnya strategi pemasaran hijau dilakukan, selain sebagai strategi pemasaran juga bentuk partisipasi dalam gerakan bumi hijau agar masyarakat terlibat dan memiliki keyakinan baik untuk menggunakan produk Anda.

Karena pada akhirnya, produk yang bermanfaat bagi konsumen ialah produk yang dapat bermanfaat tidak secara substansi saja, tapi juga untuk lingkungan.

Manfaat Melakukan Strategi Green Marketing

Perkembangan strategi marketing memang bisa mendatangkan manfaat yang berbeda-beda, tidak hanya dari segi sales saja. Misal strategi pemasaran hijau ini yang menimbulkan beberapa dampak positif dari kecil hingga besar untuk penduduk bumi yang belum pernah disadari.

Berikut manfaat melakukan investasi pada pengguanaan strategi marketing hijau,

Hemat anggaran

Dengan fokus pada tahap marketing ini, maka semua kegiatan produksi juga harus sesuai dengan janji-janji yang dilayangkan kepada masyarakat.

Misal, saat perusahaan Anda memberikan informasi mengenai harga produk yang relatif terjangkau dan berkualitas baik. Untuk memenuhi janji kepada masyarakat, Anda bisa manfaatkan dengan menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan dan daur ulang, juga meminimalisir penggunaan plastik.

Peduli Terhadap Lingkungan

Strategi ini bisa menjadi bentuk kontribusi perusahaan terhadap globlal warming. Dengan mengurangi atau mengubah bahan-bahan yang sebelumnya kurang ramah lingkungan menjadi lebih ramah lingkungan.

Di sisi lain kegiatan ini bisa menjadi bentuk kampanye yang baik untuk merangsang kesadaran konsumen terhadap kesehatan lingkungan yang semakin meningkat bersama brand atau produk yang membersamai mereka.

Contoh Implementasi Pemasaran Hijau

Contoh Implementasi Pemasaran Hijau, jasa digital marketing surabaya,
jasa digital marketing jawa timur,
jasa digital marketing jakarta

Beberapa bukti nyata dari 11 perusahaan di Indonesia yang berhasil menerapkan pemasaran hijau dan sukses. Ini bisa jadi bukti, jika strategi ini bisa diterapkan dan tidak menghambat pekerjaan.

Data yang akan disebutkan di sini, dilansir dari glints:

  1. Apple, berdasarkan data terakhir tahun 2020. Perusahaan ini menciptakan robot untuk mendaur ulang limbah pabrik, yang dinamai dengan Daisy robot.
  2. PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Perusahaan yang sempat meraih penghargaan “The Best Indonesia Green Awards” pada tahun 2015 karena telah mengurangi emisi debu pabrik.
  3. Dell, berdasarkan data terakhir tahun 2020. Dell menggunakan bambu sebagai bahan packaging yang dikenal lebih ramah lingkungan.
  4. Unilever, perusahaan ini telah menyerap 3.600 ton sampah anorganik sesuai data terakhir yaitu pada tahun 2020.
  5. PT Sinar Sosro, menciptakan program sekolah yang bertajuk bersih dan sehat pada tahun 2012.

Mungkin dari beberapa contoh riil dari perusahaan-perusahaan yang berhasil mengelola dan mengimplementasikan strategi marketing hijau ini, bisa dijadikan pedoman untuk menumbuhkan bisnis yang lebih baik dengan strategi ini.

 

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)