Melakukan kampanye pemasaran secara digital dengan topik yang menghibur atau kontroversial memang menjadi sangat menarik di mata publik untuk dibicarakan. Terlebih lagi, kampanye model ini dapat menunjukkan kepada audiens bahwa brand berbeda dari yang lainnya.
Dalam artikel ini, Dimarketing telah mempersiapkan beberapa contoh kampanye pemasaran digital yang inspiratif untuk Anda. Gunakan beberapa referensi ini sebagai persiapan kampanye pemasaran secara digital di kemudian hari.
Simak artikel secara lengkap dan teliti, karena dalam artikel ini Dimarketing memberikan prosedur juga terkait penerapan strategi pemasaran digital atau iklan digital yang lebih baik serta unik untuk brand Anda.
Contents
Brand Sukses Gunakan Kampanye Digital
Berikut adalah beberapa contoh kampanye digital marketing yang luar biasa dari beberapa perusahaan di Indonesia:
Go-Jek
Kampanye “Pasti Ada Jalan” (There’s Always a Way) dari Go-Jek merupakan sebuah tanggapan atas pengalaman penggunanya yang kesulitan menemukan transportasi di jalan-jalan yang ramai. Tujuan kampanye ini dilakukan, untuk mengajak pengguna tetap optimis dan tidak putus asa ketika menghadapi situasi yang sulit. Go-Jek menggunakan pemasaran media sosial dan iklan televisi untuk melakukan kampanye pesan ini.
Tokopedia
Kampanye “Selalu Ada Selalu Bisa” adalah kampanye Tokopedia untuk menjadi sebuah platform yang memungkinkan penggunanya untuk memenuhi kebutuhan dengan mudah dan cepat dari rumah, tanpa perlu bepergian. Kampanye ini menekankan ingin menjadi bagian dari solusi yang dapat memudahkan hidup masyarakat banyak, khususnya di tengah situasi yang sulit seperti saat ini. Kampanye ini diluncurkan melalui iklan televisi dan pengembangan konten digital seperti YouTube dan media sosial.
KitKat
Kampanye “Have a Break, Have a KitKat” adalah kampanye milik KitKat untuk mempromosikan produknya. Kampanye ini menekankan bahwa seseorang perlu istirahat sejenak dan menikmati KitKat saat merasa lelah atau stres. Metode yang dilakukan KitKat pun tidak jauh berbeda dengan Go-Jek dan Tokopedia yaitu melalui iklan televisi, iklan digital, dan konten media sosial.
Telkomsel
Telkomsel melakukan kampanye digital bertema “Buka Semua Keseruan” yang dilakukan untuk mempromosikan layanan seru-seruan terus dengan beragam pilihan paket Telkomsel PraBayar. Kampanye ini diluncurkan melalui bentuk media untuk menyalurkan kampanye ini Telkomsel tetap menggunakan iklan televisi, iklan digital, dan konten media sosial.
OVO
OVO meluncurkan kampanye “Jadi Lebih OVO” untuk mempromosikan aplikasi pembayaran dan layanan finansialnya. Kampanye ini menekankan bahwa pengguna OVO dapat menjadi lebih hemat dan efisien dengan menggunakan aplikasi ini. Lagi-lagi kampanye ini dilakukan dalam bentuk iklan televisi, iklan digital, dan konten media sosial.
Jika ditarik kesimpulan dari ke-5 kasus ini, kampanye pemasaran digital yang dilakukan oleh brand-brand tersebut adalah melakukan pengembangan konten secara digital agar mereka dapat menyalurkan informasi kampanye melalui jasa publikasi media seperti televisi, iklan digital, dan media sosial.
Langkah Melakukan Kampanye Digital yang Sukses
Membangun kampanye digital marketing yang sukses tentu perlu perencanaan dan penyusunan materi yang cukup matang. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, setidaknya untuk memberikan sedikit gambaran bagaimana untuk memulainya.
Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:
Pertama, pahami tujuan bisnis dan audiens target Anda. Setelah itu, mulai kembangkan perencanaan pemasaran digital yang terstruktur dan efektif yang dapat mencakup analisis pasar.
Analisis pasar ini termasuk dengan segmentasi audiens, strategi pemasaran konten, kampanye iklan online, pengoptimalan mesin pencari, manajemen media sosial hingga pengukuran kinerja kampanye.
Kedua, setelah semuanya terstruktur dan berhasil dikembangakan. Maka, perlu untuk mengimplementasikan kampanye dengan cermat dan memastikan bahwa kampanye dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan jangan lupa untuk memperhatikan anggaran agar tidak melampaui batas yang ditetapkan.
Ketiga, penting untuk terus memperbarui pengetahuan tentang tren dan teknologi terbaru di bidang pemasaran digital. Karena dunia digital terus berkembang dan berubah dengan cepat, sehingga Anda perlu memastikan untuk selalu memanfaatkan keterbaruan teknologi dan mengikuti tren untuk memaksimalkan efektivitas kampanye.
Terakhir, Perlu untuk mengukur kinerja kampanye secara teratur dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kampanye. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan semua faktor-faktor di atas. Anda dapat membangun kampanye digital marketing yang sukses yang dapat membantu mencapai tujuan bisnis Anda.
Alasan Kampanye Pemasaran Digital Perlu Dilakukan
Kampanye pemasaran digital dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis melalui promosi dan penjualan produk atau jasa secara online. Berikut beberapa alasan mengapa kampanye pemasaran digital sangat penting untuk dilakukan, antara lain:
Memperluas jangkauan pasar
Kampanye pemasaran digital memungkinkan bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan di luar wilayah lokal, nasional, hingga internasional.
Meningkatkan visibilitas
Dengan kampanye pemasaran digital yang tepat, bisnis dapat meningkatkan visibilitas dan eksposur merek secara online.
Meningkatkan kesadaran merek
Kampanye pemasaran digital dapat membantu bisnis membangun kesadaran merek yang lebih baik di kalangan konsumen.
Meningkatkan konversi dan penjualan
Dengan kampanye pemasaran digital yang efektif, bisnis dapat meningkatkan konversi dan penjualan produk atau jasa mereka.
Memperbaiki pengalaman pelanggan
Kampanye pemasaran digital dapat membantu bisnis memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dari proses pembelian hingga pelayanan pelanggan setelah penjualan.