Apa itu Multhicannel dan Omnichannel Marketing

Mungkin sebagian dari Anda belum menyadari, apapun yang bisa terjadi pada dunia pemasaran saat kecanggihan teknologi terus ditingkatkan dan diperbarui.

Teknologi selalu membawa perubahan bukan? Nah, ini lah yang harus disadari oleh para pelaku usaha. Misal, teknologi ini dapat membantu masyarakat untuk menemukan informasi, hiburan, dan hal-hal yang mereka butuhkan dengan mudah. Tidakkah ini akan menjadi sebuah kebiasaan baru dikehidupan masyarakat dalam rentang waktu yang cukup lama?

Dari fenomena inilah yang kemudian muncul dan berkembang strategi-strategi pemasaran baru, yang lebih memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai media pemasaran paling dahsyat. Karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas jika dibandingkan dengan strategi-strategi pemasaran konvensional.

Katakanlah, strategi baru yang sangat memanfaatkan eksistensi teknologi atau digital ini adalah multichannel dan omnichannel marketing. Ada yang belum pernah mendengar istilah dari keduanya tersebut?

Kedua strategi tersebut cukup berbeda, tetapi bisa dikaitkan satu sama lainnya. Jika Anda penasaran bagaimana itu model strategi multichannel dan omnichannel marketing, maka simak artikel ini hingga tuntas.

Pengertian dari Multichannel Marketing

Multichannel marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk menarik perhatian dan target pasar secara luas. Strategi ini dilakukan dengan tujuan, agar berbagai media yang digunakan sebagai alat pemasaran tersebut dapat menjangkau pasar yang luas berdasarkan dari tiap-tiap medianya.

Di sisi lain, media-media ini menjadi jembatan informasi untuk para audiens atau calon pelanggan yang kurang puas akan informasi yang ditemukannya melalui salah satu media.

Misal, seorang audiens memerlukan informasi terkait foto produk. Dia tidak bisa mendapatkannya melalui website dan twitter. Maka dari itu, ia berkunjung ke instagram untuk menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Yang bisa dianggap membantu untuk memutuskan apakah audiens akan melakukan pembelian atau tidak.

Pengertian dari Omnichannel Marketing

Omnichannel marketing merupakan platform yang terintegrasi dalam satu manajemen dari beberapa saluran media. Tujuannya untuk memberikan layanan kepada pelanggan agar bisa terbantu dengan cepat dan mudah, sehingga pelanggan bisa mendapatkan kepuasan dalam pelayanan.

Fungsi dari tujuan memberikan layanan ini, yaitu untuk membangun pengalaman yang baik kepada pelanggan agar nantinya strategi ini bisa menjadi efektif dalam membentuk kesetiaan pelanggan terhadap merek.

Sederhananya, omnichannel marketing ini adalah sebuah platform yang bisa diakses oleh pelanggan untuk mendapatkan informasi dan akses produk atau layanan yang dibutuhkannya hanya dalam satu media.

Karena media dibentuk dari penggabungan semua saluran atau channel pada satu platform saja agar bisa menjadi akses untuk segala kebutuhan pelanggan. Baik itu untuk mendapatkan informasi tentang produk atau bahkan hingga ketersediaan produk yang bisa didapatkan melalui online dan offline store.

Perbedaan Multichannel dan Omnichannel Marketing

Perbedaan Multichannel dan Omnichannel Marketing, jasa digital marketing surabaya,
jasa digital marketing jawa timur,
jasa digital marketing jakarta

Berdasarkan pengertian yang sudah Anda baca di atas. Perbedaan dari multichannel dan omnichannel marketing terletak pada user experiencenya.

Jika multichannel yang berarti banyaknya media yang dimaksimalkan untuk kegiatan pemasaran. Seperti website, media sosial, email, sms, media cetak atau media-media dengan saluran langsung atau tidak langsung untuk mempromosikan produk dan jasa.

Maka, omnichannel ini adalah bentuk dari multichannel yang lebih dikembangkan. Yaitu banyaknya media yang diintegrasikan menjadi satu, yang fungsinya juga bisa sebagai media interaksi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan konsisten.

Pilih Multichannel atau Omnichannel untuk Bisnis?

Sebelum memutuskan, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu keperluan yang paling mendesak yang dibutuhkan bisnis Anda.

Apakah itu dari segi pemeliharaan pelanggannya atau dari segi perluasan target pasar. Karena dari keduanya memiliki fungsi yang berkesinambungan.

Anda bisa saja terapkan keduanya untuk menggaet calon pelanggan dengan multichannel dan memeliharanya dengan omnichannel.

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)