5 Faktor Sukseskan Strategi Pemasaran Lewat Konten

Di era serba-serbi internet ini, konten yang berbasis online mulai mendorong strategi pemasaran di seluruh dunia. Perusahaan dapat memilih untuk memberikan konten yang dibuat dengan hati-hati atau mendorong pembuatan konten organik di antara pengikut untuk melibatkan audiens target mereka.

Strategi pemasaran konten yang baik menghubungkan perusahaan dengan konsumen mereka berdasarkan segmentasi demografi. Dengan memanfaatkan komunikasi dan umpan balik, dan juga berfokus pada kebutuhan dan minat pelanggan daripada hanya menyoroti brand saja.

Melalui artikel ini, Tim Digital Marketing akan membahas mengapa pembuatan konten sangat penting untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pembeli, baik untuk masa kini maupun masa depan.

Berikut adalah lima faktor penting dari strategi pemasaran melalui konten yang efektif dan bagaimana perusahaan harus bisa mengintegrasikan elemen-elemen ini ke dalam strategi pemasaran yang dilakukan.

1. Buatlah Konten Yang Menarik dan Bernilai

Hal yang paling umum dalam konten adalah menciptakan nilai. Yang tentunya, nilai harus berlandaskan pada suatu alasan. Dalam ekosistem modern digital, konsumen tenggelam dalam konten yang berkualitas. Meskipun rata-rata orang dapat menghabiskan 4,8 jam melihat ponsel per harinya. Akan tetapi, masih banyak juga yang tenggelam dalam penggunaan ponsel seharian non-stop.

Maka dari itu, Jangan membuat konten yang tidak relevan dengan brand. Karena, dimungkingkan konten dapat terabaikan dan strategi konten marketing dapat menjadi gagal dan percuma. Mengingat sebagian besar situs media sosial memudahkan penggunanya untuk berhenti mengikuti, memfilter, bahkan mereka dapat memblokir dengan mudah.

Hal ini, memiliki peluang yang besar untuk terjadi. Dan juga berpengaruh buruk pada engagement brand dan akun social media sekaligus.

Kunci untuk membuat konten yang menarik, dan sesuai dengan strategi konten marketing yang dirancang, adalah mencoba untuk melihat perusahaan melalui sudut pandang dari kacamata pelanggan. Daripada memikirkan pemasaran sebagai pesan sepihak, Anda bersama tim bisa luangkan waktu untuk mengembangkan konten yang menjawab pertanyaan, kekhawatiran, hingga keingintahuan pelanggan secara umum.

2. Konsistensi Konten

Konsisten diperlukan dalam pembuatan konten untuk memiliki traffic SEO yang baik. Selain itu, Juga diperlukannya pembuatan blog dan media sosial lain sebagai saluran informasi juga sarana terhubungnya komunikasi dengan pelanggan secara dua arah.

Tetapi perlu diketahui, bahwa penggunaan dari berbagai platform pun tidak menjamin pemasaran yang dilakukan mendapatkan hasil yang signifikan. Masih diperlukannya pembentukan konten, peningkatan followers, yang alhasil masih perlu dilakukan banyak hal lain untuk mendapatkan perhatian publik.

Produk anda bisa mendapatkan perhatian publik begitu memiliki konten yang selaras dan ideal sesuai dengan image produk yang ditawarkan. Konten yang ideal pun harus selalu diperbarui untuk memenuhi kebutuhan informasi audiens mengenai produk Anda.

3. Interaktif Melalui Konten

Dorong followers anda untuk menyukai, berkomentar, dan membagikan konten. Dengan perilaku ini, anda dapat memperluas cakupan audiens. Jangan salah, kekuatan buzz marketing akan selalu bekerja dalam strategi apapun. Tetapi, Sebelum mendorong followers kalian untuk melakukannya, ada baiknya untuk mendapatkan trust followers dan juga hubungan dekat dengan mereka.

Anda bisa mendapatkan perhatian dan trust melalui konsistensi update di media sosial, yang sekaligus dengan segera untuk menanggapi komentar atau pesan yang masuk.

Melakukan hal ini dapat memberi anda ide yang lebih baik tentang bagaimana melayani followers. Selain itu, anda juga dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat dukungan pelanggan melalui strategi pemasaran konten yang dilakukan.

4. Gunakan Multimedia

Penggunaan internet yang semakin dibutuhkan saat ini membuat keinginan dan cara manusia belajar menjadi lebih beragam. Serupa halnya dengan media, media pun berkembang menjadi banyak versi yang disertai dengan spesifikasi fungsinya. Multimedia dapat berupa Video, Podcast, tulisan ataupun grafik yang disebarkan sesuai dengan target dari masing-masing medianya.

Dengan banyaknya media, dan juga beragamnya segmentasi yang perlu ditargetkan, sangat disarankan untuk menggunakan strategi marketing konten ini berdasarkan segmentasi sesuai dengan fungsi yang menonjol dari tiap-tiap media, agar pemasaran menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

5. Ciptakan Strategi Pada Konten Marketing

Rincikan pembuatan strategi untuk membantu kalian tetap berpegang pada rencana pemasaran sambil memungkinkan penyesuaian yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Seperti halnya, Seberapa sering brand anda berencana untuk melakukan pembuatan konten baru? Kapan konten baru akan dijadwalkan untuk dipublikasi? Berapa jumlah maksimum media sosial dan saluran online yang dapat dilakukan secara konsisten?, atau apakah anda berencana untuk mencoba semuanya dan mempersempitnya nanti berdasarkan hasil engagement dari masing-masing media?

Kalau iya, tentu kalian perlu memperhitungkan beberapa hal. Contohnya, Apa yang dilakukan oleh kompetitor anda dengan kontennya? Berapa banyak pengikut yang ingin dituju, dan dalam jangka waktu berapa? Berapa jumlah suka, share, dan komentar yang ingin dicapai? Apa yang perlu dilakukan untuk posting di masa mendatang, dan seterusnya.

Selain itu, siapa yang akan menjadi mitra strategis bisnis anda dalam upaya ini, seperti influencer media sosial atau Jasa pemasaran konten? Ini semua adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan sebelum menyusun strategi pemasaran konten.

Kesimpulan

Dengan menciptakan strategi konten yang berkualitas, konsisten, dan berpusat pada pelanggan. Brand atau produk anda dapat menjadi pintu pembuka untuk menciptakan awareness bahkan obrolan di Internet oleh target untuk calon pelanggan anda. Dengan begitu, strategi pemasaran melalui konten ini dapat menjadi prospek baik untuk pertumbuhan bisnis anda dalam jangka waktu panjang.

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)