8 Teknik Follow Up Untuk Pelihara Relasi Dengan Customer

Follow up sangat perlu dilakukan untuk tiap bisnis, dan hal ini dilakukan agar bisnis dapat menjaga hubungan dan memberikan layanan yang baik kepada pelanggan.

Melalui follow up kepada pelanggan, ini juga dapat membuat pelanggan menjadi setia kepada perusahaan. Karena perusahaan dapat menghargai dan memperlakukan pelanggan dengan baik, bahkan sebelum atau sesudah mereka melakukan transaksi.

Karena itulah, Anda perlu tahu bagaimana cara melakukan follow up yang baik dan benar agar pelanggan tidak merasa terganggu dengan tindaklanjut Anda.

Berikut penjelasan dan juga tips untuk melakukan follow up yang baik dari Dimarketing. Simak artikel hingga tuntas, agar pemahaman Anda dapat membantu efektifitas implementasi follow up.

Mengapa Penting untuk Melakukan Follow up dengan Pelanggan?

Melakukan follow up kepada pelanggan menjadi penting karena follow up memiliki beberapa peran penting untuk bisnis. Follow up dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.

Namun, ada juga beberapa hal lain yang menjadikan follow up harus dilakukan oleh tiap usaha dalam bentuk apapun. Ketahui beberapa manfaat potensial dari follow up pelanggan:

  1. Menujukkan kepedulian. Follow up membuktikan kepada pelanggan jika perusahaan peduli terhadap hubungan profesional yang dibangun. Karena dengan follow up pelanggan bisa merasa lebih dihargai.
  2. Meningkatkan pengalaman. Berinteraksi dengan berbagai macam tipe pelanggan dapat memberikan Anda kesempatan untuk lebih mengenal karakter tiap pelanggan serta bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan baik.
  3. Mengatasi Masalah. Follow up pelanggan setelah penjualan dapat membantu Anda temukan adakah kendala yang dialami oleh pelanggan. Ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk bisnis kedepannya.
  4. Memperdalam keterlibatan: Pesan tindak lanjut pelanggan dapat mengarahkan pelanggan tersebut untuk lebih terlibat dengan merek Anda, seperti dengan berlangganan daftar email atau menyukai halaman media sosial perusahaan Anda.
  5. Tingkatkan penjualan: Pelanggan yang merasa jika Anda telah memberikan layanan yang berkualitas lebih cenderung melakukan repeat order. Dan ini dapat meningkatkan pendapatan sekaligus loyalitas pelanggan.

Tips Follow Up yang Baik Setelah Penjualan

Tips Follow Up setelah penjualan, Jasa digital marketing, 
konsultan marketing, surabaya,
jawa timur,
jakarta

Berikut cara yang dapat Anda pertimbangkan untuk emlakukan follow up ke pelanggan Anda:

Ucapkan terima kasih

Salah satu pesan tindak lanjut pelanggan yang paling umum adalah ucapan terima kasih sederhana dengan pesan tentang betapa bersyukurnya Anda kepada pelanggan.

Banyak perusahaan mengirim pesan terima kasih melalui email, tetapi beberapa mungkin mengirim kartu fisik, kartu digital, atau bahkan melakukan panggilan telepon.

Minta umpan balik

Umpan balik merupakan metode follow up untuk meminta pelanggan memberikan nilai terhadap produk/jasa yang telah mereka putuskan untuk transaksi.

Anda dapat mengirim pesan atau surel kepada pelanggan dengan mencantumkan beberapa pertanyaan untuk di isi. Dari umpan balik ini, Anda bisa dapatkan informasi untuk tingkatkan penjualan di masa mendatang.

Memberikan Petunjuk

Melalui follow up, Anda bisa kirimkan saran kepada pelanggan mengenai cara menggunkaan produk atau layanan baru mereka.

Tapi, ini juga bergantung pada produk Anda, jika memang produk mengharuskan pelanggan untuk merakit sesuatu secara pribadi. Maka Anda bisa kirimkan panduan pemasaran, manual cara kerja, atau jawaban-jawaban yang sering diajukan oleh pelanggan lain.

Memberikan penawaran khusus

Fungsikan follow up untuk memberikan kabar baik. Seperti informasi diskon, promosi, atau jenis penawaran khusus lainnya. Dan mungkin, Anda bisa luangkan waktu untuk membuat penawaran yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Dengan melakukan follow up tipe ini, perusahaan bisa meningkatkan penjualan dengan cara lebih baik dan lebih dipersonalisai.

Bagikan fitur tambahan

Jika pelanggan Anda membeli item atau layanan dengan fitur yang baru dirilis, maka Anda bisa informasikan kepada pelanggan mengenai fitur baru tersebut.

Memperingati event tertentu

Event tertentu yang dimaksud adalah seperti hari ulang tahun pelanggan, atau hari libur dan acara-acara khusus lainnya. Hal ini perlu dilakukan karena dapat mencerminakan kepedulian perusahaan terhadap pelanggannya.

Metode ini bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan kepada pelanggan untuk memperingati suatu hal. Misalnya, peringatan satu tahun mereka sebagai pelanggan Anda atau mengirimkan kartu ulang tahun di hari ulang tahun mereka.

Kirim artikel atau video

Kirimi klien Anda tautan ke artikel atau video yang relevan. Konten yang Anda kirimkan kepada klien Anda mungkin tentang bisnis Anda, bisnis mereka, atau berita di salah satu atau kedua industri Anda.

Anda dapat menyertakan catatan dengan tautan yang mengatakan mengapa menurut Anda mereka mungkin menganggap konten itu menarik, terutama jika itu terkait dengan topik yang telah Anda dan pelanggan diskusikan sebelumnya.

Undang mereka ke suatu acara

Undang klien Anda ke acara profesional. Misalnya, Anda dapat mengirimkan undangan ke pelanggan yang itu memang menguntungkan bagi mereka.

Mengirimkan undangan acara kepada pelanggan Anda tidak hanya membantu Anda tetap berhubungan saja, tetapi berpotensi memberi Anda lebih banyak waktu tatap muka dengan mereka. Hal ini tentu dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)