Marketing analytics merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh seorang marketer, loh! Tapi tidak menutup kemungkinan jika sebagian dari Anda belum pernah melakukan atau bahkan mendengar istilah marketing analytics ini.
Maka dari itu, penting untuk mulai memahami tools marketing analytics serta melakukannya dengan baik. Karena dari hasil analisis pemasaran inilah para marketer dapat menggunakannya untuk mengukur tingkat keberhasilan kampanye yang mereka lakukan.
Selain itu, melalui pengumpulan data dan hasil analisis tersebut Anda bisa mulai menyusun strategi-strategi pemasaran baru yang lebih tepat dan efektif.
Sebelum mulai melakukan marketing analytics, Anda perlu simak artikel yang sudah dirangkum oleh Dimarketing berikut ini dengan lengkap dan cermat, agar implementasi dapat dilakukan dengan baik.
Contents
Apa itu Marketing Analytics?
Sebelum memulai untuk melakukan analisis, ketahui lebih dahulu apa itu marketing analytics?
Marketing analytics atau analisis pemasaran adalah praktik menggunakan data untuk mengevaluasi efektivitas dan keberhasilan kegiatan pemasaran.
Dengan begitu, analisis pemasaran memungkinkan Anda untuk mengumpulkan wawasan tentang konsumen secara lebih dalam, mengoptimalkan tujuan pemasaran, dan mendapatkan laba atas investasi (ROI) yang lebih baik.
Dalam hal ini sebenarnya analisis pemasaran dapat menguntungkan bagi pemasar juga konsumen. Karena ini memungkinkan marketer untuk mencapai ROI yang lebih tinggi dengan memahami apa yang berhasil mendorong konversi, brand awareness atau keduanya.
Di sisi lain untuk konsumen, analisis ini juga memastikan jika mereka dapat melihat lebih banyak iklan yang yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan minat khusus mereka.
Tips Tingkatkan ROI dengan Marketing Analytics
Menetapkan Tujuan Pemasaran
Langkah pertama dalam meningkatkan ROI melalui marketing anayltics adalah menetapkan tujuan spesifik dan metrik keberhasilan yang sesuai. Apa yang ingin Anda capai dengan kampanye Anda?
Misalnya, Anda ingin meningkatkan traffic ke halaman tertentu, sementara tujuan kampanye lain mungkin untuk meningkatkan konversi.
Dari sini, Anda dapat memutuskan metrik digital mana yang akan Anda gunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye terkait tujuan Anda.
Kemudian, dari hasil tersebut Anda bisa gunakan untuk menentukan upaya pemasaran untuk hasil yang diinginkan. Dan jika hasil tidak mencapai tujuan. Mungkin, ada yang perlu dikaji ulang terkait strategi atau juga penerapannya.
Tatapkan Sasaran ROI
Selain menetapkan tujuan pemasaran yang jelas, Anda juga harus tentukan tujuan jelas untuk merencanakan dan melacak kemajuan.
Jika tidak, Anda tidak akan dapat mengawasi kampanye Anda untuk memastikan bahwa kampanye tersebut benar-benar layak untuk diinvestasikan.
Seperti sasaran lainnya, sasaran ROI harus SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Relevant dan Time based) jika Anda ingin mencapainya dengan baik.
SMART dalam artian bersifat spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan realistik juga berbasis waktu. Jadi dengan penggunaan sasaran SMART, harusnya pemasar dapat menetapkan sasaran spesifknya, termasuk penetapan sasaran ROI.
Karena bisa dikatakan, jika pemasar memiliki sasaran tingkat kemungkinakan berhasil adalah sekitar 376% jika dibandingkan dengan pemasar tanpa memiliki sasaran.
Sehingga, saat Anda ingin menetapkan sasaran ROI, tentukan apakah sasaran tersebut dapat dicapai dan ditetapkan dengan jelas. Keuntungan apa saja yang ingin Anda hasilkan, dan apakah keuntungan tersebut dapat diperoleh berdasarkan kinerja kampanye sebelumnya?
Fokus pada Metrik yang Penting
Dengan tujuan dan sasaran ROI, Anda dapat memilih metrik yang membantu Anda mengukur kesuksesan kampanye Anda.
Misal, jika sasaran Anda adalah untuk meningkatkan traffic ke situs web dan meningkatkan konversi melalui iklan media sosial. Maka, tayangan iklan yang Anda sajikan harus menargetkan kedua hal tersebut.
Buat Rencana Pelacakan ROI
Jika Anda tidak melacak ROI secara efektif, Anda tidak akan mengetahui apakah kampanye Anda berhasil. Sekaligus untuk mengetahui metrik dan mengukur kesuksesannya akan bergantung pada sasaran yang Anda miliki dan jenis kampanye yang dijalankan.
Dalam prosesnya, pastikan metrik yang Anda gunakan memungkinkan Anda untuk melacak ROI kampanye secara efektif. Sekaligus jangan lupa tentukan seberapa sering Anda harus meninjau hasil analisis dan melakukan pengoptimalan potensial.
Karena ini lah yang akan memastikan Anda memaksimalkan ROI Anda.
Gunakan Tools Marketing Analytics
Teknologi otomasi pemasaran terus tumbuh secara eksponensial dan diproyeksikan mencapai $6,4 miliar pada tahun 2024. Hal ini terutama karena banyak alat yang digunakan untuk mengotomatiskan proses pemasaran dalam beberapa cara.
Dan slat yang yang tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi juga ketepatan kampanye pemasaran agar ROI dapat lebih meningkat. Berikut fungsi dari beberapaa tools marketing saat ini:
- Menangani tugas yang berulang
- Personalisasikan konten
- Lacak prospek
- Segmentasikan audiens
- Menganalisis data
Tools Marketing Analytics
Berikut beberapa tools marketing analytics yang Dimarketing rekomendasikan untuk Anda, para marketers:
Google Analytics
Google analytics merupakan salah satu tools yang seharusnya wajib diketahui oleh para marketer. Karena selain tools ini gratis, google analytics juga dapat memberikan informasi penting mengenai lokasi pengguna dan seberapa lama mereka menghabiskan waktu di website.
Selain itu, google analytics ini juga menyediakan fitur premium agar Anda bisa mendapatkan data yang lebih lengkap. Tetapi, jika Anda masih baru akan memulai menggunakan. Lebih baik untuk menguasai fitur versi gratisnya terlebih dahulu.
SEMrush
SEMrush akan sangat membantu Anda untuk menganalisis kompetitor. Karena Anda bisa pantau website atau akun media sosial kompetitor dengan SEMrush ini.
Sehingga Anda bisa melakukan analisis dan memahami strategi yang dilakukan oleh kompetitor, baik kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu Anda bisa tahu dan juga mulai mencoba strategy mereka yang berhasil.
BuzzSumo
BuzzSumo adalah tools untuk mengetahui dan melakukan analisis terhadap konten-konten yang viral dan trending di media sosial. Jadi, sebagai content creator BuzzSumo dapat memudahkan pekerjaan Anda.
Karena Anda tidak perlu lagi melakukan riset dan analisis secara manual untuk mengetahui apa saja yang sedang terjadi di masyarakat luas yang diperbincangkan di berbagai platform media sosial.
BuzzSumo menjadi sangat penting untuk digunakan oleh content creator dan marketer karena memiliki beberapa fitur berikut ini:
- BuzzSumo bisa melacak konten yang paling banyak dibagikan
- Dapat melakukan analisis konten
- Bisa menemukan trend
- Sebagai alat monitoring
- Mengidentifikasi pengguna Influencer
Untuk Apa Tools Analisis Pemasaran Digunakan?
Tools analisis pemasaran digunakan untuk mengumpulkan, mengatur dan menguhubungkan beberapa data penting secara cepat dan tepat. Dengan begitu, hal ini memungkinkan marketer dapat melakukan pengoptimalan kampanye pada waktu yang tepat.
Di sisi lain, tools analisis pemasaran secara digital juga mampu menyimpan dan memproses data dengan cepat dalam jumlah yang besar. Dari sinilah alasan paling utama, mengapa tools analisis pemasaran sangat perlu dilakukan.
Karena jika semua proses pemasaran dapat diotomatisasi, maka kemungkinan pemasar memposisikan iklan tertaget dengan tepat akan berhasil dan potensi ROI untuk meningkat-pun menjadi lebih tinggi.