Website yang bagus bukan hanya terletak pada desain dan nilai estetikanya, melainkan pada seberapa berminat audiens mengunjungi dan betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu mereka di dalamnya.
Dengan begitu untuk mencapai hal ini, tentu website harus di optimalkan dengan SEO (Search engine Optimization) agar visibilitas website lebih baik dan dapat dengan mudah dijangkau oleh target audiens.
Karena melalui pengoptimalan SEO, Anda dapat memudahkan pelanggan untuk menemukan situs Anda saat mereka menelusurinya melalui Google, Bing, Yahoo, dan Yandex.
Maka dari itu, bangun situs web Anda dengan tepat dan benar, juga optimalkan dengan kata kunci yang relevan. Karena hal ini akan mendorong lebih banyak traffic ke halaman Anda dan kesempatan tinggi untuk pelanggan melakukan transaksi.
Namun, Selain meningkatkan visibilitas website dengan cara SEO. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Dimarketing akan memberikan beberapa tips agar website mendapatkan lebih banyak pengunjung dan memiliki peringkat tinggi di mesin pencari.
Contents
Berikut 10 tips agar website bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan audiens:
Temukan kata kunci yang tepat
Menemukan kata kunci yang tepat bisa Anda lakukan dengan cara yang mudah. Coba mulai pikirkan beberapa kata yang memungkinkan untuk Anda gunakan saat mencari layanan atau produk Anda melalui mesin pencari.
Misal, ketika Anda memerlukan sebuah perangkat keras untuk menunjang pekerjaan Anda di dunia digital secara nomaden. Maka yang perlu Anda cari adalah “Laptop 14′ 8GB” atau lain sebagainya.
Anda bisa siapkan daftar keyword yang ingin digunakan, mulai dari 20 hingga 50 kata kunci. Kemudian lakukan riset bahwa kata kunci yang Anda siapkan memang sudah tervalidasi dan biasa digunakan dalam pencarian.
Jika Anda kesulitan menemukannya, gunakan fitur keyword pada Google Ads untuk menemukan lebih banyak kata kunci. Setelah itu sisipkan kata kunci dalam URL, judul, meta deskripsi, dan beberapa di dalam konten Anda.
Fokus pada menawarkan keunikan
Anda perlu ingat, bahwa Anda bersaing dengan perusahaan lain juga untuk mendapatkan atensi calon pelanggan secara online. Dengan begitu, jadikan website untuk lebih visibel dengan keunikan dan pembeda yang Anda ciptakan.
Cari dan gunakan kata-kata yang sesuai dengan pembeda pasar Anda seperti penawaran yang unik atau lokasi geografis target Anda.
Dan perlu Anda ketahui, jika penggunaan kata kunci juga memiliki persaingan yang ketat. Tidak semua kata kunci bekerja dan dapat menghasilkan hasil yang sama.
Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkannya dengan menjalankan kampanye berbayar PPC (Pay-per-click). Sehingga, website dapat muncul di halaman lebih atas ketimbang website yang dioptimasikan secara organik atau tanpa iklan.
Jangan gunakan keyword berlebihan
Seperti pernyataan yang diungkapkan pada pedoman webmaster google “Fokus buat halaman untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari.”
Jadi, jika Anda hanya mengisi konten dengan penuh kata kunci, ini akan mendistorsi makna konten hingga bisa membuat pembaca kesal, loh!
Jadi, gunakan keyword sewajarnya sesuai dengan panduan untuk mengoptimasikannya secara organik. Dan perlu diingat kembali, jika prioritas konten dalam website adalah untuk membuatnya mudah dibaca dan menjadikan pengunjung nyaman untuk berlama-lama dengan konten Anda.
Build link ke website
Semakin banyak situs yang membawa tautan ke situs Anda, semakin tinggi peringkat Anda pada pencarian. Minta pemilik situs terkait untuk membawa tautan ke situs Anda. Tawarkan untuk membawa tautan ke milik mereka dengan imbalan tautan ke milik Anda.
Perbanyak konten berkualitas tinggi
Misi utama mesin pencari adalah membantu orang menemukan jawaban atas pertanyaan mereka. Jadi strategi terbaik Anda untuk mendapatkan banyak lalu lintas adalah membuat konten yang menarik.
Misal artikel, video, dan foto—yang memberikan informasi berkualitas kepada pembaca Anda. Pastikan untuk sering memperbarui konten Anda agar tetap relevan.
Gunakan media sosial
Media sosial juga merupakan sekutu yang hebat dalam strategi SEO. Karena sebagian besar orang juga menggunakan media sosial untuk mencari informasi tertentu.
Misal dalam instagram atau facebook untuk mendapatkan profile dan katalog perusahaan. Selain itu, media sosial juga bisa mendapatkan peringkat tinggi di hasil mesin pencarian ketika mereka menelusuri perusahaan Anda atau istilah terkait.
Optimasikan dengan user-friendly
Istilah user friendly adalah bagaimana situs web dapat melayani pengguna dengan baik dan membentuk kesan yang baik di benak pengguna.
Untuk mengoptimasikannya dengan user-friendly, Anda bisa lakukan beberapa cara. Misal website yang bersih dan mudah dinavigasi. Dari sini tujuannya agar pengunjung mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan.
Selain itu, kecepatan situs juga penting. Karena jika situs bekerja secara lamban ini akan menganggu kenyamanan pengunjung dan akan berakhir menjadi bounce rate.
Terakhir, pastikan situs web dioptimalkan secara mobile friendly. Karena sebagian besar pengguna melakukan penelusuran melalui ponsel mereka dibandingkan perangkat lainnya.
Ukur hasilnya
Alat gratis dan berbiaya rendah seperti Moz, SpyFu.com, SEMRush.com, dan Google Analytics akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang kinerja SEO situs Anda dan memberi tahu Anda lebih banyak tentang pengunjung Anda.
Seperti bagaimana mereka menemukan situs Anda (mesin telusur, merujuk situs web, dll.), lokasi geografis mereka dan berapa lama mereka menghabiskan waktunya di setiap halaman.
Anda dapat melakukan pengukuran dengan tools tersebut melalui postingan artikel pada website. Karena artikel atau blog memiliki lebih banyak informasi untuk bisa dianalisis datanya sebagai bahan pengoptimalan kinerja SEO.
Konsistensi
Terus lakukan pemantauan, tapi jangan harapkan hasil yang cepat dan instan. Karena pengoptimalan dari SEO sendiri membutuhkan waktu berbulan-bulan agar website bisa naik secara signifikan dalam peringkat mesin pencari.
Selain itu, alogritma mesin pencari atau SEO sendiri juga bisa berubah. Jadi tetap update informasi terbaru untuk memungkinkan Anda bisa mengikuti perubahan yang ada.
Buat Goals yang Tinggi
Sebagian besar pengguna mempercayai hasil pencarian di halaman pertama untuk dikunjungi, daripada halaman ke 2 – 3 dan seterusnya.
Maka dari itu, jadikan hal ini sebagai motivasi agar website Anda bisa untuk menempati halaman utama hasil mesin pencarian dengan posisi paling atas.
Dengan begitu, pengunjung bisa lebih mudah menemukan Anda.