5 Tips Maksimalkan Kinerja Digital Marketing

Di era digital ini, semua sistem dipermudah dengan adanya pengoptimalan tools secara digital termasuk pemasaran.

Jika sebagian dari Anda sudah biasa menjalankan usahanya menggunakan digital marketing, maka seharusnya Anda perlu tahu 5 tips ini untuk memaksimalkan kinerja digital marketing Anda.

Untuk Anda yang baru terjun atau sama sekali belum praktik digital marketing untuk usaha, maka Anda berada di poisis yang cukup cepat untuk mengetahui tips ini.

Maka dari itu, jangan sia-siakan informasi lengkapnya. Karena Dimarketing akan bahas beberapa tips untuk memaksimalkan kinerja digital marketing untuk bisnis Anda.

Apa itu Digital Marketing

Pemasaran digital juga disebut pemasaran online, atau juga dapat dimaknai dengan promosi brand agar terhubung dengan pelanggan potensial menggunakan media.

Dan medianya sendiri adalah media digital dan internet sebagai alat berkomunikasi. Misal email, media sosial, aplikasi, website, atau platform-platform digital lainnya.

Sederhananya, jika kampanye pemasaran dilakukan dan melibatkan berbagai saluran media komunikasi digital, itulah yang dinamakan sebagai pemasaran digital atau digital marketing.

Setelah itu, bagaimana kira-kira untuk memaksimalkan kinerja digital marketing pada bisnis?

Tips Maksimalkan Usaha dengan Digital Marketing

Tips Maksimalkan Usaha dengan Digital Marketing Jasa digital marketing, 
konsultan marketing,
jasa sosial media,
jasa SEO,
jasa pembuatan website

Bangun Branding yang Kuat

Memiliki brand yang kuat adalah mengenai bagaimana konsistensi usaha perusahaan agar bisa makin dikenali. Dan branding yang kuat tidak hanya menawarkan produk dan layanan saja tetapi juga makna.

Sederhananya, merek yang kuat adalah inti dari kesuksesan perusahaan dan merupakan hasil dari strategi branding yang efektif.

Ciptakan Konten yang Menarik dan Relevan

Konten dapat dikatakan berhasil adalah konten yang memiliki 3 unsur ini:

  1. Menarik
  2. Relevan
  3. Bernilai

Dari ketiga unsur tersebut, konten yang dibuat perlu adanya perancangan yang tepat. Karena bentuk konten bermacam-macam ada video, artikel, gambar, podcast dan beberapa bentuk lainnya.

Karena konten dapat disampaikan dengan beberapa cara tersebut. Maka, dalam perancangan juga perlu untuk menentukan topik sebelum konten dibuat dan dibagikan.

Alasannya tentu agar pembuatan konten bisa relevan, menarik dan bernilai. Sehingga pengunjung dapat menemukan jawaban kebutuhan mereka tidak hanya dari satu konten saja, melainkan konten-konten lain yang masih relevan dalam page.

Gunakan Email Marketing

Menurut survei HubSpot, 59% responden menyatakan bahwa email memengaruhi keputusan pembelian mereka.

Tidak mengherankan bahwa meskipun diberi label sebagai bentuk komunikasi digital tertua, ia masih memiliki pengaruh yang kuat terhadap pelanggan. Saluran komunikasi seperti media sosial dan obrolan langsung menawarkan basis pengguna yang solid, tetapi semuanya bermuara pada pengiriman tujuan yang disesuaikan dan di kotak masuk pengguna.

Apa pun jenis email yang Anda kirim di milis Anda, Anda dapat berkomunikasi dengan audiens target di level mereka tanpa mengorbankan kualitas konten dengan strategi pemasaran email yang tepat.

Anggap saja seperti ini – strategi pemasaran email menetapkan tujuan dan memberikan arahan yang harus dipilih saat mengirim email promosi atau email biasa. Misalnya, strategi konten yang tepat akan menghasilkan lebih banyak klik dengan strategi pemasaran email dan penjualan yang lebih tinggi.

Optimasi Mobile friendly

Dilansir dari pusat google penelusuran, bahwasannya di Amerika serikat ada sekitar 94% pencari informasi melalui smartphone. Dan dari 77% nya mereka rata-rata melakukan penelusuran di rumah dan kantor padahal kemungkinan ada dekstop di sana.

Maka dari itu, pentingnya untuk mengoptimasikan website agar menjadi mobile friendly untuk bisnis. Karena jika tidak, website pasti sulit untuk ditampilkan pada mode seluler, dan pengguna perlu mencubit layar untuk memperbesar tulisan dan mengecilkannya.

Hal seperti ini kurang efisien bukan? Karena dianggap menyulitkan pengguna dan pada akhirnya bounce rate pun dapat terjadi. Maka salah satu cara utama untuk menghindari bounce rate adalah pengoptimalan mobile friendly.

Optimasi dengan Omnichannel Marketing

Pemasaran omnichannel adalah integrasi dan kerja sama yang terjadi di berbagai saluran yang digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen. Tujuannya untuk menciptakan pengalaman merek yang konsisten. Ini termasuk saluran pada toko fisik dan digital (mis. situs web).

Karena hal inilah, Strategi ini dapat memberi konsumen kesempatan untuk menemukan dan membeli produk secara online, di dalam toko, atau kombinasinya – seperti “beli online dan ambil di dalam toko”.

Dan perlu diketahui, jika saat ini di beberapa organisasi lintas industri sudah memanfaatkan strategi omnichannel ini. Termasuk bidang perawatan kesehatan, ritel, keuangan, teknologi, dan lain sebagainya.

Karena dengan omnichannel marketing ini, konsumen modern memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya dan mengharapkan informasi secara real-time. Pemasaran omnichannel memungkinkan konsumen untuk terlibat dengan merek dengan cara mereka sendiri, yang menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, digital marketing merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda dan mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan. Namun, mengelola kampanye digital marketing dapat menjadi tugas yang menakutkan bagi banyak bisnis. Oleh karena itu, bekerja dengan konsultan digital marketing seperti Dimarketing dapat sangat bermanfaat. Dimarketing menyediakan layanan yang lengkap, termasuk pembuatan branding yang kuat, pembuatan konten yang menarik dan relevan, penggunaan email marketing, analisis data dan optimasi website. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan dalam meningkatkan kinerja digital marketing Anda. Kami siap untuk membantu Anda mencapai kesuksesan digital Anda.

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)