Brand recognition merupakan tanda jika suatu brand mengalami perkembangan dan telah mencapai titik suksesnya untuk dikenali masyarakat luas. Brand dapat dikenali dengan mudah melalui nama, logo, atau bahkan palette warna dari brand itu sendiri.
Perusahaan/bisnis harus tahu jika akar dari terbentuknya brand recognition ini merupakan keberhasilan dari strategi brand awareness dan brand voice yang telah dijalankan selama ini.
Nah kira-kira seperti apa itu bentuk brand recignition dan bagaimana model strateginya? Dimarketing akan ulas semuanya dalam artikel ini. Maka dari itu, simak dan baca informasi lengkapnya di bawah ini agar tidak salah paham ya!
Contents
Apa itu Brand Recognition?
Brand recognition itu termasuk dalam kategori branding. Dimana branding itu sendiri tidak melulu mengenai logo, nama, bentuk visual gambar, atau slogan. Melainkan branding juga bagian dari sebuah aset atau hal-hal yang berpengaruh dengan nilai dagang dari suatu brand.
Misal, Anda memiliki brand yang dengan mudah dikenal oleh masyarakat luas melalui beberapa identitasnya. Yaitu logo, nama, slogan, atau bahkan palette warna.
Selain itu, ternyata masyarakat juga dapat mengenali brand Anda saat mendengarkan atau bahkan hanya melihat brand dari jarak jauh. Sehingga hal ini menghadirkan emosi dan membentuk persepsi tersendiri dalam benak mereka.
Hal ini tentu menjadi faktor kuat jika brand Anda dapat dengan mudah melekat dan dikenali. Setidaknya brand menjadi cukup populer dan disukai oleh sebagian besar masyarakat. Maka dari itu brand perlu tahu, apa yang membuatnya terus dipilih oleh masyarakat jika dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor yang ada.
Anda bisa juluki keseluruhan perihal tersebut merupakan apa yang dimaksud dengan brand recognition. Bagaimana suatu brand dapat menggambarkan apa yang diperjuangkannya berdasarkan nilai-nilai perusahaan yang telah dibangun.
Tidak lupa dengan salah satu unsur lainnya, yaitu brand voice. Bahasa yang Anda gunakan saat berkomunikasi dengan pelanggan, yang membuat mereka tetap memilih brand Anda.
Jika ditarik kesimpulan sederhananya, Anda bisa bangun brand recognition ini hanya dengan memaksimalkan bentuk identitas brand. Seperti logo, slogan, tagline, juga bahasa komunikasi ciri khas dari brand itu sendiri. Hal ini akan menjadi kombinasi yang menarik untuk dijadikan karakteristik brand yang unik.
Pentingnya Brand Recognition untuk Bisnis
Perlu dipahami jika brand recognition ini sangat penting untuk bisnis. Karena jika brand sudah memiliki daya tarik dan popularitasnya sendiri, audiens dapat dengan cepat untuk memutuskan akankah menjadi konsumen dari brand tersebut atau tidak.
Selain itu, ada juga hal lain yang menyebabkan kenapa brand recognition ini penting untuk bisnis. Di antara lain:
- Brand unggul dalam menciptakan persepsi baik sehingga menciptakan kepercayaan di benak audiens bahkan sebelum mereka memutuskan menjadi konsumen.
- Dalam poin utama tersebut, hal ini dapat mendorong audiens untuk segera menjadi bagian dari brand.
- Brand recognition dapat meningkatkan daya jual dan tawar, karena bisa mendapatkan perhatian lebih banyak dari masyarakat luas.
- Memperkuat pembentukan brand equity. Karena semakin brand dikenal oleh banyak orang, semakin berharga nilai brand itu.
- Dapat memaksimalkan kepuasan pelanggan.
Bedanya Brand Recognition dan Brand Awareness
Brand recognition adalah bagian dari brand awareness. Jadi, apa itu brand awareness? Brand awareness merupakan deskripsi atau perihal spesifik yang ada pada brand.
Jadi misalnya, ketika Anda menyebutkan produk minuman bersoda. Apa yang muncul dibenak Anda? Karena banyak brand minuman bersoda yang juga laku di pasaran.
Mungkin Anda bisa saja memikirkan coca cola, pepsi, atau minuman bersoda lainnya. Atau mungkin burger, Anda bisa saja memikirkan tentang Mcdonald, burger king, KFC, atau juga brand lainnya.
Inilah yang disebut dengan brand awareness, ketika suatu brand dapat muncul pertama di benak atau di pikiran Anda saat memikirkan suatu produk entah itu makanan, minuman atau bahkan perabotan rumah.
Strategi Membangun Brand Recognition
Strategi untuk membangun brand recognition bisa Anda lakukan dengan bbeberapa cara berikut ini:
Pengoptimalan situs web
Jika Anda sudah biasa dengan pemasaran digital, maka seharusnya Anda sudah tahu perihal SEO (Search Engine Optimization) yaitu optimasi website/artikel yang ditingkatkan kualitasnya untuk menarik lebih banyak trafik secara organik ke website, sekaligus agar muncul di halaman pertama pencarian.
Dan optimasi SEO ini berfokus pada pengoptimalan kata kunci yang diterapkan pada artikel. kata kunci memiliki banyak macam, ada yang short tail keyword, mid tail keyword dan long tail keyword. Anda bisa pilih keyword yang sesuai dengan dengan kebutuhan Anda.
Buat Konten
Konten dibuat sebagai wadah dan investasi untuk membangun brand awareness jangka panjang. Yang alhasil konten juga dapat menjadi elemen pembentuk loyalitas pelanggan.
Konten yang dimaksud ini tidak hanya konten yang ada di media sosial saja, tetapi konten artikel juga termasuk. Karena dari keduanya dapat menjadi kombinasi elemen yang baik untuk membangun kesadaran merek.
Menggunakan Influencer Media Sosial
Anda bisa gunakan influencer media sosial untuk mengenalkan produk/brand Anda kepada masyarakat luas. Karena influencer memiliki massa yang cukup besar untuk dipengaruhi.
Selain itu, tetap seleksi influencer yang ingin Anda gunakan. Anda harus lebih bijak terhadap background dan track record yang pernah mereka lakukan. Karena hal ini bisa berpengaruh jangka panjang untuk brand.
Customer Experience
Pengalaman pelanggan yang dimaksud di sini adalah mengenai tahap awal bagaimana brand dapat mencuri perhatian target. Kemudian, bagaimana brand dapat membangun kepercayaan hingga merubahnya menjadi pelanggan setia.
Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan pada tahap customer experience ini. Misalnya, melalui optimasi website agar bisa diakses secara mobile, karena pengguna lebih banyak untuk saat ini menggunakan handphone jika dibandingkan dengan perangkat jenis lainnya.
Benefit Bisnis Menjadi Brand Recognition
Keuntungan bisnis menjadi brand recognition adalah target konsumen atau pelanggan dapat mengenali brand sekaligus akrab dengan brand.
Hal ini yang dapat menjadikan mereka cenderung untuk kembali membeli produk atau layanan Anda. Karena mereka merasa dilibatkan dan dibuat nyaman oleh brand.
Selain itu, brand Anda tentu telah mencapai keunggulan kompetitif yang dapat menjadikannya berbeda dengan brand lain milik kompetitor. Anda bisa manfaatkan kondisi ini untuk mempermudah kampanye selanjutnya, karena brand telah dikenal baik oleh masyarakat luas.
Jika kampanye yang dilakukan juga berhasil, maka brand recognition pun akan menjadi semakin baik ketika mampu mendatangkan pelanggan baru untuk brand, dan membuat pelanggan lama menjadi semakin loyal dengan brand.