Gunakan Strategi Konten Marketing di Era ini!

Era digital yang serba canggih ini, membuat masyarakat manja akan kebutuhan yang perlu divisualisasikan secara nyata. Banyak media-media baru yang lahir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Misalnya media sosial dan website. Meskipun banyak variasi dari kedua media tersebut. Semua yang dibagikan dan ditampilkan kepada publik disebut dengan konten.

Dan konten itu sendiri memiliki berbagai macam variasi juga. Seperti hiburan, edukasi, dan informasi. Semua macam konten tersebut dapat diakses oleh siapapun dengan jaringan internet.

Di sisi lain, konten yang berupa gambar, video, e-book, atau audio semua sudah mulai diterapkan oleh berbagai perusahaan sebagai strategi pemasaran konten mereka lho. Strategi ini dilakukan karena perusahaan sadar akan kebutuhan yang selalu didambakan oleh sebagian besar khalayak untuk menghabiskan waktu senggang mereka.

Dengan begitu, Dimarketing akan bocorkan strategi konten yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan penjualan mereka. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Konten Marketing

Konten marketing merupakan salah satu bentuk strategi marketing. Cara kerjanya dimulai dengan pembuatan perencanaan konten, membuat kontennya dan kemudian mendistribusikan konten.

Konten yang dimaksud adalah konten yang mampu memberikan petunjuk secara deskriptif mengenai bisnis atau informasi-informasi yang masih relevan dengan bisnis.

Ada banyak benefit yang bisa didapatkan oleh bisnis ketika melakukan konten marketing. Selain sebagai sarana pemasaran dan promosi, konten marketing juga digunakan sebagai media untuk berinteraksi dan mengenalkan produk/layanan ke khalayak luas.

Tapi ada yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dan pemuatan konten. Yaitu, buat konten yang relevan, penting dan konsisten. Karena hal-hal inilah yang dapat menarik perhatian pelanggan terhadap page dan konten buatan Anda.

Dengan ketiga unsur itu, pengunjung akan dengan senang hati terdorong untuk membaca, dan memperhatikan konten Anda. Jika memungkinkan, bisa selipkan soft selling di konten yang menurut Anda bagus dan masih relevan untuk diselipi promosi.

Strategi Membuat Konten Marketing untuk Bisnis

Strategi Membuat Konten Marketing untuk Bisnis, Jasa digital marketing, 
konsultan marketing,
jasa sosial media,
jasa SEO

Dari penjabaran pengertian di atas, mengenai apa itu konten marketing dan bagaimana benefit yang bisa didapatkan. Berikut cara membuat strategi konten marketing untuk bisnis.

1. Adanya tujuan dan planning dalam pembuatan konten

Karena konten yang akan dibuat adalah untuk kebutuhan bisnis. Maka Anda perlu tahu, konten yang bagaimana dan seperti apa yang akan mendapatkan pengaruh besar untuk bisnis.

Maksudnya konten seperti apakah yang ingin anda buat? apakah informasi, hiburan, edukasi dan dalam bentuk apakah konten akan dipiblikasi? Misal e-book, audio, video atau gambar.

Dengan tujuan seperti apakah konten dibuat? misal hanya untuk memberikan informasi mengenai bisnis, atau mengajak audiens melakukan pembelian, mengunjungi website, dan lain sebagainya.

Ada juga hal yang perlu dilakukan penyeleksian juga perihal tujuan konten yang ingin dibuat, agar di tidak merepotkan ditahapan selanjutnya untuk meminimalisir kegagalan konten atau kesalahan-kesalahan minor.

2. Melakukan riset buyer persona

Melakukan riset untuk menentukan siapa target market secara detail per individu. Nama, alamat, nomor telepon, hingga media sosial yang sering mereka gunakan untuk menghabiskan waktu.

Untuk melakukan riset ini, Anda bisa sebarkan dan bagikan kuesioner kepada pelanggan Anda, atau beberapa orang lain untuk menemukan apakah mereka target yang sesuai untuk brand Anda atau bukan.

Tapi, jika hal ini dirasa merepotkan dan memakan banyak tenaga. Anda bisa gunakan jasa konsutan digital marketing Dimarketing untuk membantu Anda melakukan riset buyer personanya.

3. Menggunakan platform yang sesuai

Menggunakan platform yang sesuai maksudnya di sini adalah platform yang berdasarkan dari hasil riset buyer persona. Dengan begitu, konten yang diunggah akan sesuai dengan kebutuhan dan minat dari pengguna di tiap platform tersebut.

Ini adalah salah satu strategi untuk mendapatkan traffic ke produk atau brand Anda. Karena konten yang diunggah seharusnya menjadi lebih efektif dengan adanya penggunaan platform yang tepat dan sesuai.

4. Kelompokkan Jenis Konten

Hasil dari konten yang Anda buat yang dapat memberikan keuntungan untuk Bisnis. Anda bisa kelompokkan sesuai jenis dan fungsinya. Misal konten informasi mengenai produk/brand, konten branding, dan konten penjualan.

konten informasi, bisa Anda isi mengenai hal-hal yang masih relevan dengan produk. Misal jika produk Anda skincare, maka Anda juga bisa berikan konten tata cara merawat kulit agar skincare yang digunakan bisa memberikan efek yang maksimal.

Konten Branding bisa Anda buat pengenalan produk/jasa yang diselingi dengan brand voice yang melekat. Selalu gunakan tagline dan review yang jujur agar brand dikenal sebagai brand yang baik oleh khalayak.

Yang terakhir, konten penjualan. Ini bisa Anda isi dengan produk-produk yang Anda jual. Jadikan konten penjualan ini lebih unik untuk menarik perhatian pengguna. Misal promo besar-besar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, atau promo seasonal jika produk hanya ada di season tertentu. 

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)