Konten merupakan media yang kerap kali digunakan sebagai sarana untuk menginformasikan suatu berita, layanan atau acara tertentu. Konten biasanya dapat berbentuk tulisan, gambar, desain, atau video yang gunanya untuk menarik perhatian khalayak luas.
Untuk saat ini, di era digital yang serba serbi aksesnya menggunakan internet. Konten menjadi elemen utama bagi berbagai bidang usaha untuk menjadi senjata pemasaran yang mutlak.
Segala jenis bidang usaha dengan skala apapun. Semuanya jika tidak melibatkan diri dalam dunia perkontenan, maka siap-siap untuk tergerus oleh usaha-usaha lainnya bahkan dengan skala yang lebih kecil atau kompetitornya sendiri.
Oleh karena itu, mulai siapkan untuk membuat dan membagikan konten yang bagus dan relevan sesuai dengan visi, misi bisnis Anda. Dengan ini, Dimarketing akan mengulas secara gamblang mengenai apa itu konten marketing dan tips membuat konten yang baik untuk bisnis-bisnis baru.
Contents
Pengertian Konten Marketing
Konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang memanfaatkan eksistensi konten untuk mengekspansi hasil jualan dan meningkatkan konversi sekaligus pendapatan.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, konten dapat berupa apapun baik itu tulisan, gambar, video, ataupun sekedar suara yang biasa Anda temui saat menjelajah platform atau situs-situs menggunakan internet.
Sebenarnya, untuk sebagian orang makna konten marketing biasanya lebih mengarah pada konten website atau artikel. Semakin banyak tulisan yang dimuat pada konten, semakin besar juga harapan meningkatnya traffic ke website.
Dengan begitu, melalui website barulah audiens diarahkan ke landing page atau halaman arahan untuk menindaklanjuti suatu hal. Misal, salah satunya untuk mengunjungi media sosial. Nah dari sini kemudian Anda bisa tingkatkan engagement media sosial Anda.
Tips Membuat Konten Marketing yang Efektif untuk Bisnis Baru
Berikan yang mereka butuhkan
Mungkin sebagian dari Anda memiliki tujuan dan goals yang sudah terbentuk sebelum bisnis Anda terbangun. Tapi tidak menutup kemungkinan jika tujuan itu bisa berbeda dengan minat dan kebutuhan target untuk saat ini.
Anda harus berinisiatif untuk mengetahui dan memberikan calon pelanggan kesempatan untuk mengungkapkan apa yang mereka butuhkan dan minati.
Nah, kemudian Anda bisa manfaatkan kesempatan tersebut untuk berusaha memberikan yang terbaik. Jadi perlu diingat, usaha Anda bukan mengenai Anda saja melainkan ada pelanggan yang harus dipenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Buat konten yang orisinil
Hal yang paling utama yang perlu Anda ingat adalah Jangan pernah mengcopy konten orang lain. Apalagi digunakan untuk konten di website Anda. Karena google bisa dengan mudah mengetahui konten hasil copy-paste karya orang lain.
Tidak hanya ini saja, kualitas konten yang Anda unggah juga akan berpengaruh pada kepercayaan calon pelanggan. Karena di era digital ini, Minat pelanggan menjadi semakin tinggi untuk melakukan pembelian melalui media sosial.
Data yang akurat dan informatif
Anda harus berikan konten informasi yang dapat membuat audiens merasa terbantu dengan konten Anda. Selain itu, jika Anda menggunakan data dari sumber lain, silahkan dicantumkan kreditnya untuk menghormati penulis aslinya.
Dan pastikan tulisan Anda bisa dipahami dengan mudah oleh audiens. Buat konten yang Anda unggah menarik dan tidak membosankan, buat audiens nyaman untuk berlama-lama dengan tulisan Anda. Karena ini akan menarik lebih banyak traffic nantinya.
Bagikan konten yang beragam
Mungkin sebagian dari Anda belum tahu, jika konten blog merupakan salah satu media yang powerful untuk mengembangkan bisnis, apalagi untuk bisnis yang baru merintis.
Banyak orang berpikir bahwa blog hanyalah cara pemasaran berupa konten saja. Padahal blog merupakan alat atau media untuk melakukan pemasaran koten. Dan strategi pemasaran konten yang efektif dapat dilakukan lebih dari sekadar posting blog saja.
Misalnya, Anda bisa memberikan tautan pada website ke masing-masing media sosial yang dimiliki. Anda juga bisa berikan halaman untuk meletakkan proposal perusahaan.
Selain itu, kampanye produk, menyebarkan informasi seminar dan beberapa macam jenis konten lainnya bisa dilakukan cukup dengan satu website saja. Dan berbagai macam jenis platform yang ter-generate dalam website tersebutlah yang kemudian bisa membantu bisnis baru Anda untuk lebih mudah dijangkau oleh audiens.
Buat konten solutif untuk klien
Tujuan utama konten dibuat seharusnya memiliki tujuan yang solutif. Bagaimana tidak? inilah elemen terpenting yang bisa menjadi daya pikat calon konsumen atau pelanggan mengunjungi dan memperhatikan konten unggahan Anda.
Sekaligus berikan jawaban dari alasan mengapa mereka harus memilih produk Anda, atau mempercayai informasi yang Anda berikan melalui unggahan-unggahan di konten Anda.
Kesimpulan
Pemasaran konten memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan, meningkatkan penjualan, hingga jumlah pelanggan. Bahkan usaha kecil bisa mendapatkan keuntungan dari strategi pemasaran konten yang efektif. Mudah-mudahan, Anda akan mempertimbangkan tips yang disebutkan di atas untuk meningkatkan bisnis baru Anda.