Penyelarasan merek sangat penting untuk dilakukan pada bisnis. Karena ini mengenai pemahaman merek dari karyawan dan pelanggan anda.
Penyelarasan merek ini dilakukan sebagai salah satu faktor kesuksesan bisnis yang dilakukan. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak pemimpin bisnis yang gagal dalam memahami pentingnya penyelarasan merek ini.
Misal, saat anda tidak menyadari apakah karyawan Anda paham mengenai brand anda. Dari sini terlihat bahwa keefektifitasan informasi yang anda sampaikan mengenai apa yang anda jual, tidaklah menjadi pemahaman yang mudah.
Maka dari itu, selain sebagai kunci utama untuk melakukan pemasaran. Gunakan penyelarasan brand sebagai poin penting untuk kesuksesan bisnis anda.
Dengan begitu, Dimarketing ingin memperkenalkan pada Anda sekalian mengenai apa itu Penyelarasan Merek, Mengapa menjadi penting untuk bisnis, dan bagaimana cara memulainya.
Contents
Apa itu Penyelarasan Merek?
Penyelarasan merek adalah keadaan di mana pemangku kepentingan internal dan eksternal memahami tujuan dan janji merek.
Jika merek Anda selaras secara internal, setiap eksekutif, karyawan, dan mitra. Berarti Penyelarasan merek telah berhasil. Karena Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang mengapa merek Anda ada beserta janji yang dibuatnya kepada pelanggan.
Jika merek Anda selaras secara eksternal, maka pelanggan Anda memahami tujuan dan janji dari merek Anda, dan seharusnya mereka percaya hal tersebut sesuai dengan klaim yang Anda berikan.
Mengapa Penyelarasan Merek Penting?
Penyelarasan merek sebagai metrik pengukur seberapa konsisten dan kohesif suatu merek dari dalam ke luar. Beberapa hal menjadi lebih penting daripada konsistensi dalam melakukan branding. Karena manfaat dari merek yang selaras tidak berakhir hanya dengan konsistensi.
Bangun Kepercayaan Pelanggan
Konsistensi yang berasal dari merek yang sudah diselaraskan membuatnya dapat dikenali dan dapat diandalkan oleh pelanggannya. Dan tidak ada yang lebih baik dari kepercayaan pelanggan yang sudah bisa dicapai.
Merek yang selaras memberikan pengalaman merek yang dapat dikenali dan dengan andal memenuhi janji mereknya. Kepercayaan pelanggan yang dibangun dalam proses mengarah pada aset utama: loyalitas merek.
Meningkatkan Keterlibatan Karyawan
Semua penyelarasan merek dimulai dari dalam atau faktor internal. Ketika karyawan Anda memahami tujuan dan janji merek Anda, mereka lebih cenderung terlibat—baik secara internal bahkan eksternal.
Keterlibatan internal karyawan menghasilkan peningkatan budaya perusahaan dan moral secara keseluruhan. Dan keterlibatan karyawan secara eksternal dapat menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
Tingkatkan Hasil Pemasaran dan Penjualan
Bisa dikatakan, penyelarasan merek ini merupakan salah satu upaya yang lebih efisien dalam meningkatkan hasil pemasaran.
Karena penyelarasan merek yang sebenarnya memerlukan pemahaman yang baik tentang pelanggan ideal merek milik Anda. Dari sini, Anda bisa membuat pesan terhadap merek, desain yang ditargetkan dan beresonansi, hingga traffic dari prospek website bisnis Anda.
Perlu diketahui, jika merek yang sudah selaras ini dapat melihat banyak prospek menjadi penjualan. Karena pihak internal mengerti cara dan perihal yang bagus untuk ditawarkan kepada calon pelanggan. Dan hal ini memiliki dampak yang terukur pada laba bisnis.
Lindungi Aset Merek Anda
Anda perlu melindungi merek anda, karena itu merupakan aset bisnis yang paling berharga. Seperti halnya aset – aset bisnis lainnya, brand juga perlu untuk dilindungi.
Penyelarasan merek berfungsi untuk memastikan, jika merek Anda terpelihara dengan baik dalam keadaan optimal. Dan hal ini diharapkan dapat menjadi pelindung terhadap inkonsistensi yang bisa mengikis kepercayaan pelanggan atau keterlibatan karyawan yang berkurang.
Tanda-tanda Anda Memiliki Masalah Penyelarasan Merek
Adapun permasalahan yang biasa dihadapi pebisnis dalam membentuk penyelarasan merek mereka. Dan bagaimana cara mengetahui jika ada permasalahan pada penyelarasan merek?
Indikatornya tidak selalu jelas, tetapi ada beberapa tanda bahwa inilah saatnya melakukan upaya menyelaraskan mereka Anda kembali.
Pelanggan Anda Bingung
Salah satu faktor paling kentara disini adalah ketika pelanggan anda bingung dan tidak memahami penawaran yang Anda tawarkan, bahkan mereka juga tidak tahu apa yang membuat merek anda berbeda dengan kompetitor Anda.
Dan tujuan dari penyelarasan merek sendiri untuk memahamkan pelanggan, melalui komunikasi yang efektif mengenai janji-janji merek dan tujuan merek.
Dan jika ini tidak bisa dilakukan dengan baik, efeknya bisa menjadi fatal yaitu hilangnya kepercayaan pelanggan pada merek, dan bisa jadi mereka akan lebih memilih merek milik kompetitor yang jelas tujuannya.
Anda Melihat Kinerja Pemasaran dan Penjualan yang Buruk
Poin yang paling penting pada faktor ini adalah pentingnya alat ukur untuk perilaku bisnis sebagai peran untuk memonitoring perkembangan kinerja dari pemasaran dan penjualan.
Dan jika Anda sudah memiliki alat ukur kinerja ini, misalnya KPI atau OKR. Anda bisa melakukan evaluasi dalam jarak waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan. Baik Mingguan, Bulanan, bahkan Tahunan.
Berdasarkan alat ukur yang bisnis Anda miliki, silahkan untuk melacak metrik penjualan yang telah Anda lakukan. Persentase dari kunjungan para pelanggan baik pelanggan baru atau lama.
Jika terjadi penurunan pada hasil, maka itulah indikator yang bisa menjadi sebab penjualan Anda kehilangan pelanggan.
Cara Menyelaraskan Merek Anda
Dari sekian banyak penjelasan mengenai penyelarasan merek. Pasti pertanyaan mengenai bagaimana cara untuk menyelaraskan merek ini muncul di benak Anda.
Berikut beberapa cara yang bisa dijadikan referensi atau tinjauan kembali mengenai penyelarasan merek yang perlu Anda lakukan.
Melakukan Riset Merek Internal dan Eksternal
Seperti halnya inisiatif untuk melakukan branding dengan baik. Penyelarasan merek harus dimulai dengan riset terlebih dahulu.
Karena ini penting untuk memahami di mana merek Anda mengalami kegagalan dalam penyelarasannya, baik secara internal maupun eksternal. Sehingga Anda dapat mengetahui letak yang harus di perbaiki dan ditingkatkan.
Sesuaikan Brand Positioning Anda
Dengan wawasan berdasarkan hasil riset merek tersebut. Anda bisa lakukan pencapaian bisnis yang disesuaikan dengan dengan posisi merek Anda.
Dalam memposisikan merek tersebut, Anda perlu menentukan sesuatu yang bisa menarik perhatian pelanggan secara emosional. Misalnya, membangun pelayanan yang baik, agar tercipta pengalaman yang baik di benak pelanggan.
Selain itu tunjukkan, jika merek Anda berbeda dengan merek-merek lainnya. Entah dari segi kualitas, rasa, pasar yang bisa dijangkau, lebih praktis atau ekonomis, dan lain sebagainya.
Buatlah Pedoman Merek
Pedoman merek ini difungsikan menjadi dokumen yang tersedia untuk karyawan dan mitra. Yaitu sebagai pedoman merek yang terdefinisi dengan baik.
Logo, warna, tipografi, visi dan misi, tujuan merek, dan lainnya. Sebagai penjelasan untuk memastikan konsistensi merek kapan pun dan di mana pun merek akan diekspresikan.
Karena hal ini sangat bisa memungkinkan Anda untuk memperkuat diferensiasi merek, kepribadian merek, identitas visual, hingga dapat memberikan pelanggan Anda entitas yang seragam untuk diidentifikasi.
Memantau dan Memelihara Keselarasan Merek
Memantau dan memlihara keselarasan merek sama saja dengan memanajemen merek. Hal ini dilakukan agar merek yang anda bangun bisa tetap berkembang.
Seperti perilaku remarketing dan rebranding. Penyelarasan merek di sini akan menjadi satu-satunya hal krusial yang bisa berdampak untuk keberlanjutan merek.
Dengan begitu, manajemen ini untuk menghindari permasalahan perihal kesalahpahaman. Agar pengoptimalan marketing dapat berjalan sesuai rencana dan efektif.
Kesimpulan
Menciptakan keselarasan merek ini sangat berdampak pada kekuatan dan makna dari merek Anda. Karena saat melakukan pemasaran atau periklanan. Tujuan utamanya adalah untuk membuat konsumen merasa selaras dengan merek Anda.
Dan hal inilah yang pada akhirnya, berdampak pada kesuksesan pemasaran dan timbulnya kesetiaan pelanggan. Di sisi lain, mereka akan tidak berpikir dua kali untuk melakukan transaksi lebih.
Dengan begitu, perlu diingat jika penyelarasan merek tidak bisa dilakukan dengan cara yang kebetulan. Perlu mengambil langkah-langkah penting seperti mengembangkan pedoman merek yang diartikulasikan dengan jelas, dan memastikan jika merek Anda memiliki konsistensi pada tujuan dan janjinya.
Kemudian dari sini Anda dapat yakin jika merek yang Anda bangun telah selaras dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal.