Digital Marketing yang tepat harusnya dapat meningkatkan engagement sekaligus mendapatkan perhatian audiens lebih banyak. Karena hal ini sangat berperan dalam melakukan penawaran yang dapat menghasilkan lebih banyak konversi dan meningkatkan penjualan.
Di masa sekarang, meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan pemasaran digital sudah menjadi strategi wajib yang harus dilakukan, sama sekali tidak boleh tertinggal. Di sisi lain, bisa dipastikan jika beberapa dari konsumen ideal Anda menggunakan media digital, misalnya media sosial.
Manfaatkan peluang ini untuk terhubung dengan konsumen secara langsung dan lakukan komunikasi 2 arah untuk melakukan konsultasi tanya jawab ataupun campaign marketing.
Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikan ide-ide penjualan kreatif yang dapat menjangkau konsumen secara luas dengan digital marketing.
Tidak berhenti di sini, digital marketing memiliki berbagai strategi yang dapat membantu meningkatkan penjualan secara efektif dan baik.
Bagaimana caranya? Silahkan simak ulasan dari dimarketing, 7 Cara ampuh tingkatkan penjualan bersama digital marketing.
Contents
1. Pahami Konsumen Anda (KYC: Know Your Costumer)
Anda hanya dapat memahami perilaku konsumen saat anda memiliki data hasil observasi dan riset. Misalnya mengenai preferensi calon pelanggan.
Maka anda perlu memperhatikan sejauh mana kegiatan yang mereka lakukan baik secara on-site maupun di media sosial, atau interaksi seperti apa yang selama ini mereka utarakan terhadap produk atau layanan Anda.
Dari sini juga anda perlu mengerti harapan-harapan yang dibangun oleh para konsumen terhadap perkembangan brand anda, baik dari segi mutu produk atau pelayanan yang selama ini Anda berikan.
Dan perlu diingat, apa saja segmentasi pasar yang telah anda bangun. Khususnya pada faktor usia, jenis kelamin dan lokasi. Karena tidak semua konsumen anda akan selalu menggunakan satu pelayanan saja.
Pada pemahaman ini, Anda bisa tentukan strategi yang lebih efektif untuk mendapatkan penilaian yang baik dan kepuasan dari segmentasi-segmentasi Anda.
2. Menyelaraskan Brand
Menyelarasan brand adalah keadaan di mana pemangku kepentingan internal dan eksternal memahami tujuan dan janji brand. Sehingga jika brand tidak begitu dikenal bahkan oleh pihak internal, ini akan berimbas pada perkembangannya.
Bagaimanapun caranya, brand yang Anda bangun harus memiliki reputasi yang kuat. Hal ini bisa dimaksimalkan dengan beberapa elemen. Seperti Logo, Bahasa, Desain, Filosofi Brand, dan sebagainya.
Pentingnya kolaborasi tim pada hal ini untuk mencapai manajemen yang efektif dan sempurna, serta menjadikan perusahaan sukses dalam menerapkan hal-hal yang tepat secara konstan.
3. Fokus Pada Pemasaran Email
Jika Anda sudah pernah menjalankan strategi Email Marketing, Pasti Anda sudah mengetahui bahwasanya otomatisasi pemasaran menggunakan email adalah sangat penting, dan tidak bisa diacuhkan.
Karena Anda mendapati fasilitas untuk berinteraksi dengan calon pelanggan secara langsung. Selain itu juga, ini membantu Anda sebagai media untuk penyajian penawaran, melacak metrik, bahkan mengirimkan email yang berisi tentang informasi dari blog anda, dan lain sebagainya.
Dengan melakukan otomatisasi email, anda bisa melakukan follow up kepada pelanggan yang pernah melakukan konversi atau calon pelanggan yang hampir melakukan transaksi. Selain itu juga, hal ini membantu pelanggan mengingat mengenai brand Anda bahkan setelah membeli suatu produk.
Kegiatan ini memiliki 2 dampak. Entah email akan membuat pelanggan anda menjadi lebih setia, atau juga anda bisa mendatangkan calon pelanggan baru dari email ini.
4. Lakukan Evaluasi Terhadap Pencapaian Konten
Menganalisis dan memperhatikan hasil pencapaian konten memungkinkan Anda untuk menyadari cara audiens atau konsumen melihat produk dan halaman web bisnis Anda.
Ini sangat bermanfaat untuk Anda mengambil suatu tindakan terhadap lokasi, konten, produk, hingga layanan yang diinginkan oleh calon pelanggan Anda.
Setelah itu, diharapkan Anda untuk maksimalkan hasil evalusi dengan meningkatkan strategi pemasaran yang lebih akurat.
Dan yang paling penting, untuk melakukan investasi konten di berbagai platform untuk memaksimalkan hasil analisis bisnis Anda. Agar inovasi bisa dilakukan secara terus menerus dan berdampak pada perkembangan bisnis yang baik maksimal.
5. Optimalkan Channel
Optimalisasi sangat penting dalam pemasaran digital. Maka dari itu, Anda perlu melakukan optimalisasi pada tim terlebih dahulu sebelum channel. Mengapa? Karena pengoptimalan ini bertujuan untuk menciptakan tim yang terhubung dan efisien.
Setelah itu, Anda bersama tim bisa mengoptimalkan channel atau media untuk mengakses situs yang bisnis anda jalankan.
Channel di sini bisa dalam artian beberapa situs seperti website dan media sosial yang dapat diakses melalui smartphone, tablet, atau device lainnya.
Karena pengoptimalan situs website menjadi sangat penting, hingga dapat menyentuh 80% pengguna seluler dalam mengakses website untuk menjelajahi internet. Anda perlu mengoptimalkan Website dengan SEO.
Karena fungsi SEO untuk menampilkan website atau blog anda pada halaman pertama mesin pencarian. Selain itu, website harus menduduki peringkat tertinggi, untuk memudahkan dalam peningkatan traffic website secara organik hingga peningkatan penjualan.
Baca Juga: Terapkan Workflow Digital Marketing Yang Baik pada Bisnis
6. Tingkatkan Engagement Dengan Media Sosial
Berkomunikasi dengan konsumen adalah bagian yang sangat penting dalam menangani bisnis secara efektif. Dilansir dari Suara.com fakta yang diketahui pada hasil riset Januari 2022 bahwa 191 juta orang di Indonesia menggunakan media sosial.
Berdasarkan riset tersebut, tentu konten media sosial menjadi sangat penting. Selaku pebisnis Anda harus memaksimalkan peluang ini sebagai aset untuk melibatkan diri dengan pelanggan.
Anda bisa mulai gunakan media sosial sebagai media informasi, kampanye, iklan, bahkan sekedar konsultasi mengenai layanan atau produk Anda.
Dari sini Anda akan mendapatkan hasil eksperimen dengan melakukan impelmentasi untuk mendapatkan bukti nyata engagement yang dapat dilakukan dengan media sosial.
Selain itu, hal ini dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas bisnis, seperti pemberian informasi mengenai produk dan pelayanan. Atau juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan audiens target secara efektif.
7. Konsisten Melakukan Pemasaran Ulang
Ketika pemasaran digital yang Anda lakukan dirasa sudah sangat cukup dan efektif. Jangan pernah Anda meremehkan untuk melakukan pemasaran ulang.
Hal ini akan membantu untuk memberikan kesan baru dan membangun lebih kuat awareness brand anda kepada masyarakat.
Tidak perlu khawatir, pemasaran ulang ini adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Karena dapat memungkinkan anda terhubung dengan konsumen ideal anda.
Jikalaupun Anda ingin menunjukannya kepada calon pelanggan, ini dimungkinkan menjadi efektif lebih besar dan meningkatkn peluang bagi mereka untuk melakukan pembelian.
Tentu jangan pernah lupakan metode paling aman dan nyaman untuk mereka melakukan konversi dan metode belanja.
Penutup
Pemasaran digital adalah salah satu metode paling populer yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan dan penjualan perusahaan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mempopularitaskan brand Anda kepada pelanggan yang lebih luas dengan biaya yang terbatas.
Dimarketing adalah Jasa Konsultan Digital Marketing, dengan salah satu layanan kami yang menawarkan layanan pemasaran media sosial khusus dan dapat diskalakan untuk meningkatkan bisnis Anda.