Apa Itu Encirclement Attack Di Marketing

Encriclement attack marketing atau juga bisa disebut sebagai strategi marketing dengan cara melakukan pengepungan pada pengelolaan bisnis.

Pada pengelolaan suatu bisnis anda harus melakukan strategi-strategi untuk membangun bisnis anda agar lebih berkembang. Disisi lain, anda juga perlu mengingat bahwa setiap pelaku bisnis pasti memiliki pesaing atau kompetitor. Dan anda harus siap kapan saja untuk memberikan serangan agar bisa mempertahankan pasar dan tidak diungguli oleh kompetitor anda.

Strategi pengepungan Marketing ini merupakah salah satu strategi yang bisa anda jadikan sebagai pertahanan sekaligus penyerangan yang kuat.

Sebelum melakukannya, alangkah baiknya untuk mengetahui seperti apa itu encirclement attack marketing. Melalaui pembahasan yang dijelaskan oleh Dimarketing dibawah ini.

Apa itu encirclement attack marketing dan seperti apa contohnya?

Pengertian Encirclement Attack Marketing

Encirclement attack marketing adalah strategi yang kompetitif. Dimana strategi ini biasa digunakan oleh penantang untuk menyerang perusahaan kompetitor yang menjadi pemimpin pasar.

Maksudnya, Penantang pasar melancarkan serangan ke beberapa sisi sekaligus. Jika biasanya strategi marketing menargetkan sisi kelemahan kompetitor. Strategi pengepungan ini menyerang baik sisi kelemahan maupun kelebihan dari kompetitor yang memimpin pasar.

Pasalnya, strategi ini diibartkan dengan lingkaran atau pengepungan. Yang tidak memfokuskan pada suatu titik tertentu untuk melakukan penyerangan. Melainkan strategi yang memang untuk menyerang segala sisi dalam upaya mematahkan cengkeraman pemimpin di pasar.

Asumsi Encirclement Attack Marketing

Perusahaan yang bisa mengimplementasikan strategi pengepungan marketing hanyalah perusahaan yang kuat. Dalam artian, hanya perusahaan yang memiliki sumber daya yang memadai lah yang mampu melakukan serangan pengepungan ini.

Karena target dari strategi pengepungan ini merupakah perusahaan besar yang memimpin pangsa pasar, dan pastinya yang sangat kuat. Maka, pengepung disarankan untuk memiliki keseimbangan dan mengenali brandnya terlebih dahulu sebelum benar-benar mengimplementasikan strategi ini.

Baca juga:10 Cara Memasarkan Bisnis Online Dengan Budget Minim

2 Jenis Strategi Pengepungan

Strategi pengepungan marketing ini memiliki dua jenis strategi yang dapat digunakan. Yaitu pada jenis pengepungan Produk dan Pasar.

  1. Dalam pengepungan produk, perusahaan penantang dapat memperkenalkan berbagai jenis produk mereka dengan fitur dan kualitas yang bervariasi. Disisi lain, anda juga bisa melakukan strategi ini pada harga produk yang anda tawarkan. Seperti memberikan harga yang berbeda berdasarkan kegunaan dan juga kualitas yang bisa anda berikan kepada calon pelanggan.
  2. Strategi pengepungan jenis pasar. Perusahaan dapat memperkenalkan produk untuk segmen pasar seperti yang sudah ditetapkan. Sekaligus, Perusahaan harus meraba dan memanfaatkan pasar yang belum diketahui oleh pesaing. Dengan demikian, anda bisa menciptakan pangsa pasar yang jauh lebih besar.

Contoh Implementasi

Misalnya, bisnis anda bergerak dalam bidang Industri e-commerce dan bergerak dibidang Fashion. Dan contoh implementasi terbaik dari strategi serangan pengepungan adalah, Di mana perusahaan anda memaksimalkan inovasi model fashion dengan penawaran harga terbaik dan mudahnya untuk melakukan transaksi.

Misalnya, produk anda tersedia secara offline dan online. Padahal, sebagian besar kompetitor anda hanya tersedia secara offline dan memiliki penawaran harga yang sama dengan produk anda. Tetapi anda sudah jauh merebut pangsa pasar yang lebih luas dengan jangkauan online store yang telah anda buat.

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)