Marketing mix atau bauran pemasaran, merupakan strategi pemasaran yang diklasifikasikan dengan konsep 4P yaitu product (produk), price (Harga), placement (Penempatan), dan promotion (promosi).
Bauran pemasaran ini penting untuk diperhatikan saat anda memulai bisnis baru. Karena perlu untuk melakukan identifikasi terlebih dahulu terhadap harga, tempat, kualitas produk yang ingin ditawarkan hingga pekerja atau karyawan.
Langsung saja kita bahas, apa itu konsep marketing 4p: product, price, placement, dan Promotion:
Contents
Marketing mix 4p
Sebenarnya selain konsep marketing mix 4P, ada juga marketing mix 7p. Tetapi untuk saat ini elemen marketing mix yang akan dibahas dimarketing adalah konsep 4P. Langsung saja simak penjelasannya:
Product
Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan kepada calon konsumen, dapat berupa produk maupun jasa. Marketing mix dalam pemasaran produk perlu melakukan riset kompetitor untuk mengetahui perbedaan dan keunikan dari produk. Agar promosi dan pemasaran dapat disesuaikan dengan kualitas produk dan tepat sasaran.
Price
Price atau harga jual produk mencerminkan apa yang bersedia dibayar oleh konsumen untuk itu. Marketing yang profesional perlu mempertimbangkan biaya yang terkait dengan riset, pengembangan, pemasaran, manufaktur dan lain sebagainya untuk penetapan harga. Bisa berdasarkan persepsi kualitas atau nilai dari konsumen.
Placement
Berdasarkan kedua konsep sebelumnya, keduanya memiliki pengaruh dalam penentuan lokasi atau penempatan bisnis. Dengan artian, lokasi menjadi konsep akhir yang perlu dilakukan sebelum melanjutkan strategi pemasaran ke tahap selanjutnya, yaitu promosi.
Lokasi dapat mempengaruhi tingkat efektifitas produk atau jasa saat dipasarkan. Mengingat di setiap lokasi di wilayah tertentu pasti memiliki target pasar dengan kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Untuk itu, perlunya diketahui bagaimana wilayah mempengaruhi pemasaran dari segi produk dan harga. Dari sini kemudian bisa ditentukan dalam segi pelayanan-nya, apakah perlu dilakukan secara offline atau online atau bahkan keduanya.
Baca juga: 5 Faktor Sukseskan Strategi Pemasaran Lewat Konten
Promotion
Menurut KBBI, Promosi merupakan kegiatan mengenalkan produk atau jasa dalam rangka untuk memajukan bisnis, dagang, dan sebagainya.
Jika konsep marketing mix dari produk (Product) hingga penempatan (Place) sudah dilakukan. Maka siap untuk masuk ke tahap berikutnya yaitu memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak luas. Dalam kegiatan promosi ini, perlu diingat bahwa anda tidak akan mendapatkan hasil yang instan. Karena segmentasi masih perlu dibentuk dan dilakukan. Selain itu, perlu untuk mengembangkan strategi mix dengan konsep 4p ini ke strategi lain yang memiliki harapan dan kemungkinan yang baik untuk kebutuhan bisnis anda.
Bisa dikatakan konsep 4P dari marketing mix ini merupakan elemen dasar strategi marketing. Jika tidak ada elemen 4p ini, maka apa yang perlu tujuan anda berbisnis? apa yang bisa anda lakukan untuk masyarakat menjadi tidak jelas.
Berikut contoh penerapan marketing mix yang bisa anda jadikan referensi.
Penerapan Marketing Mix Oleh Starbucks
Starbucks merupakan kedai kopi dengan 326 cabang di 22 kota. Kali ini dimarketing menjadikan starbucks sebagai study kasus penerapan konsep 4p yang dilakukan oleh starbuck. Berikut marketing mix dan contohnya,
Product Starbucks
Starbucks merupakan bisnis franchise kedai kopi, yang memiliki menu beverage dan merchandise. Tidak hanya kopi, mulai dari jus, kue, hingga camilan ringan tersedia di starbuck. Tetapi, Fokus utama yang dimiliki Starbuck adalah kopinya.
Price
Elemen marketing mix pada konsep harga starbucks, menggunakan strategi bundel dan flash sale. Bundel merupakan harga paket yang bisa didapatkan lebih murah dibandingkan dengan membeli produk secara terpisah, Seperti beverage dan cemilan ringan. Sedangkan Flash sale adalah harga menjadi lebih terjangkau saat membeli 2 produk menggunakan diskon beli 1 gratis 1.
Placement
Starbuck membangun citra kenyamanan untuk para pelanggannya dengan harga yang disesuaikan dengan pelayanannya.
Lokasi atau penempatan kedai starbuck dapat dijangkau di mall, dan di lokasi yang cukup strategis untuk dijangkau oleh masyarakat kelas menengah ke atas. Yang penempatan kedai diletakkan di lingkungan yang sejajar dengan kios-kios yang terbilang memiliki harga yang setara dengan starbuck.
Hal ini dapat membantu strategi menjadi lebih efektif. Karena lokasi di sesuaikan dengan minat dan kebutuhan pasar sesuai dengan kualitas dan pelayanan yang bisa ditawarkan kepada calon konsumen.
Kesimpulan Dari Strategi Marketing Mix
Marketing Mix bauran pemasaran ini bisa menjadi tolak ukur untuk keberhasilan strategi dasar yang dilakukan untuk bisnis anda. Produk, harga, penempatan, dan promosi, adalah elemen-elemen yang harus ada pada suatu bisnis.
Setelah anda melakukan marketing mix strategi. Adapun strategi lain yang masih perlu dilakukan agar brand yang anda buat dapat melekat di ingatan konsumen, yaitu dengan dengan cara membangun brand identity.