Digital marketing merupakan media pemasaran, yang merupakan tonggak untuk melakukan pemasaran secara global yang memanfaatkan kecanggihan internet.
Dilansir dari statista, pengguna internet di dunia sudah mencapai 4,65 Miliar yang setara dengan 56,7% atau setengah dari populasi manusia di bumi.
Oleh karena itu, untuk menjadikan bisnis Anda lebih menonjol di era ini dengan sekian banyak pengguna internet bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi perlu melakukan penyesuaian terhadap penggunaan strategi pemasaran digital yang mana harus bisa menjadi strategi yang efektif.
Hal ini tentu menjadi pertimbangan dan memerlukan cukup banyak waktu untuk melakukan riset, demi bisa menentukan mana dari puluhan strategi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan brand untuk di terapkan.
Maka dari itu, anda perlu ketahui elemen-elemen untuk memaksimalkan pelaksanaan pemasaran digital bisnis anda. Tidak perlu khawatir, Dimarketing akan mengulas elemen-elemen untuk sukseskan pemasaran digital anda.
Contents
Contoh Elemen-elemen Digital Marketing
1. SEO (Search Engine Optimization)
SEO atau search engine optimization, merupakan elemen utama yang harus ada pada implementasi strategi digital marketing yang anda lakukan. Karena, ini mengenai informasi dan layanan digital yang harus ada untuk memenuhi kebutuhan calon pelanggan.
Bukan hanya itu, anda juga perlu untuk membuat website anda pada rank teratas google sehingga artikel bisa muncul pada halaman pertama pencarian google. Karena peluang artikel anda di kunjungi leboh besar dibandingkan dengan halaman kedua atau setersunya. Orang cenderung tidak melakukan penelusuran pada halaman berikutnya.
Maka dari itu, anda perlu memaksimalkan website dengan optimasi seo. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Misalnya, memberikan edukasi perihal manfaat produk anda, kandungan yang ada pada produk anda bisa dijabarkan sebagai pengetahuan. Atau juga informasi lain yang masih bersangkutan dengan page yang anda bangun.
Baca Juga: SEO Pengertian dan Berapa Harga Jasa SEO?
2. Kualitas Konten Pemasaran Digital
Konten yang berkualitas sangat berpengaruh pada kacamata pandang calon pelanggan. Karena kualitas informasi yang mendukung akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan dan loyalitas pelanggan.
Tujuan dari pembuatan konten adalah sebagai media untuk mendapatkan kepercayaan dan meyakinkan calon pelanggan. Jika produk atau jasa yang anda tawarkan adalah terbaik dan berbeda dari kompetitor lainnya.
Konten dapat berupa artikel atau blog, flyer, video, hingga podcast. Tetapi pada website, anda harus memaksimalkan fungsinya. Dengan mencantumkan informasi secara detail mengenai perusahaan, latar belakang, kontak, testimoni, hingga alamat perusahaan.
Dengan informasi tersebut, and bisa membuat audiens atau calon konsumen yakin untuk melakukan konversi dan mulai menjadi pelanggan produk anda.
3. Email Marketing
Email memang terkesan sangat jadul. Tapi sebagian besar pengguna internet, wajib untuk memiliki email. Disisi lain, anggaran menggunakan email marketing cukup terjangkau, jika dilihat dari seberapa banyak akun yang bisa ditargetkan.
Selain itu, anda pasti mendapatkan email melalui database dari konversi audiens pada website anda. Jadi, pemasaran yang anda lakukan bisa menjadi lebih efektif. Karena email marketing hanya dikirimkan pada target potensial yang memang membutuhkan produk atau jasa anda.
Baca Juga: Mengenal Apa itu Email Marketing dan kelebihannya
4. SEM (Search Engine Marketing)
Melakukan kampanye iklan seharusnya menjadi tombak utama untuk mempromosikan bisnis anda melalui digital marketing. Dan tentunya sebagian besar anggaran harus dikeluarkan untuk mendukung kampanye ini.
Anda harus benar-benar memprioritaskan kampanye ini karena algoritmanya bisa memaksimalkan bisnis anda untuk tertuju pada target potensial yang telah tentukan, hingga pada ceruk bisnis anda.
Ada beberapa macam ads yang bisa anda coba. Namun yang paling umum adalah display ads, pay-per-click ads, da adWord. Iklan gambar biasanya bisa ditemukan di sisi atas, bawah atau samping situs website.
Iklan PPC ini membutuhkan pembayaran yang lebih banyak jika mendapatkan semakin banyak klik. Tapi, potensi penjualan juga bisa meningkat. Yang terakhir yaitu adWord. Iklan ini menggunakan kata kunci bertarget. Iklan anda hanya akan muncul setelah kata kunci digunakan di mesin pencarian.
5. Media Sosial Marketing
Penggunaan sosial media sudah menjadi bagian penting dalam pemasaran. Karena semua hal bisa ditampung dalam sosial media, seperti konten hiburan, edukasi dan informasi, hingga berbelanja bisa melalui media sosial.
Anda bisa membagikan postingan konten yang beragam, tulisan, video, hingga foto. Selain itu, anda bisa menggunakan bantuan dari content creator untuk menggaet audiens atau calon pelanggan dengan konten yang unik. Anda juga bisa rencanakan campaign di media sosial dengan bantuan mereka dengan memanfaatkan platform ads yang tersedia.
6. Affiliate Marketing
Affiliate Marketing merupakan salah satu pemasaran dengan bantuan orang lain untuk memasarkan produk atau jasa dengn mendapatkan komisi. Orang yang menjalankan affiliate marketing disebut dengan affiliator, dan biasanya affiliator ini melakukan pekerjaannya dengan memposting iklan di media sosial, atau website pribadi.
7. Analisis Data
Elemen terakhir yang sangat penting yaitu Analisis data. Fungsi utamanya untuk menganalisis apakah startegi yang telah dilakukan berhasil. Dari hasilnya, anda juga bisa mempelajari pelanggan anda melalui data yang anda kumpulkan.
Dari data yang terkumpul ini, seharusnya anda bisa mengetahui platform atau media mana yang sering digunakan oleh audiens anda dan yang efektif digunakan sebagai kampanye. Selain itu, anda bisa memaksimalkan digital marketing melalui informasi-informasi tersebut.