6 Cara Efektif Untuk Membangun Brand Identity

Apa Itu Brand Identity?

Brand Identity merupakan sekelompok elemen yang sengaja diciptakan oleh perusahaan untuk mendeskripsikan gambaran brand yang sempurna bagi sasaran konsumen. Konsep ini juga mengacu pada branding perusahaan, yaitu strategi pemasaran yang secara aktif menciptakan persepsi khas, kuat, & positif pada benak konsumen atau calon konsumen akan suatu brand.

Perlu diketahui, faktor terbesar dari kesuksesan sebuah brand adalah identitas dari brand itu sendiri. Maka tak jarang kita ketahui ada beberapa brand lama yang masih dikenal dikalangan masyarakat modern ini. Ketenarannya pun tak kalah saing dengan brand-brand baru yang sedang bermunculan belakang ini.
Salah satu alasannya bisa dikarenakan dari keberhasilan perusahaan dalam membangun citra brand secara masif dan baik di kalangan masyarakat luas. Dan hal tersebut merupakan pencapaian yang dapat memiliki dampak luar biasa bagi perusahaan.

Kenapa brand identity perlu dibangun?

Alasan dari pentingnya membangun brand identity itu sangat simpel. Pepatah lama mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” begitulah ibaratnya. Bisa kita pahami, bagaimana suatu brand dapat berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas, jika tidak ada satu pun yang mengerti bahkan mengenalinya.


Pertama-tama, selain memperkenalkan produk hal yang perlu dilakukan juga ialah dengan menjelaskan brand apa yang sedang diperkenalkan, tujuannya apa, fungsinya bagiamana dan seterusnya. Kemudian, bisa diidentifikasikan langkah selanjutnya. Dan sebagai hasilnya, produk yang sedang dikenalkan dapat mencapai goals secara efektif sesuai dengan target yang dibutuhkan.

Sehingga, perlunya untuk melakukan beberapa hal yang dapat mendasari dari terbentuknya brand identity secara efektif dalam digital marketing.

Berikut 6 cara yang dapat kalian lakukan untuk membangun brand identity.

6 Cara untuk membangun brand idenitity

berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk membangun brand identity suatu produk sesuai dengan target market yang telah ditentukan.

Tentukan target pasar.

Kebutuhan manusia memang beragam, sehingga diperlukan untuk penentuan target pasar untuk melakukan kampanye yang sesuai dengan brand yang diciptakan. Setelah itu, lakukan riset berdasarkan kebutuhan, atau life style dari pasar kalian. Dan ciptakan brand identity sesuai dengan life style tersebut, sehingga mereka dapat merasakan brand yang kalian buat telah melekat dan sesuai dengan apa yang mereka sukai.

Menentukan Misi dari Brand

Misi brand ditentukan agar kalian dapat mengetahui alur laju kemana brand akan diarahkan. Kemudian kalian bisa mulai untuk meletakkan misi brand dimulai dari audiens terkecil dulu dan kemudian bisa dilanjutkan kepada audiens yang lebih luas jangkauannya. Jika kalian masih bingung, kalian dapat berkonsultasi langsung perihal digital marketing kepada tim konsultan digital marketing Dimarketing.

Lakukan Riset dari Brand Kompetitor

Adanya brand kompetitor dapat dijadikan motivasi untuk brand kalian. Dengan melakukan riset ini bukan berarti mencuri strategi atau menjiplak brand kompetitor, melainkan kalian hanya perlu mempelajari sisi dari kelebihan dan kekurangan brand tersebut. Tujuannya untuk meyakinkan masyarakat agar tetap memilih produk kalian. Disisi lain, memang tujuan dari persaingan adalah untuk memenangkannya.

Ketauhi Strenght dan Weakness serta temukan Keunikan Brand

Setiap brand pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, hal tersebut bisa kalian bentuk untuk menjadikannya unik. Setelah menemukan keunikan dari brand, fokus pada keunikannya untuk membangun brand identity kalian. Sehingga kalian dapat meyakinkan para konsumen dan customer agar tetap memilih brand kalian.

Buatlah slogan dan Visualisasikan Logo dengan menarik

Ikon utama untuk mengenali sebuah brand adalah logonya. Ketika masyarakat melihat logo brand dimanapun mereka akan mengenalinya. Sehingga buatlah semenarik mungkin yang sekiranya dapat mencakup gambaran dari identitas brand dan kemudahan untuk dikenal oleh masyarakat luas. Karena, pada akhirnya ikon logo lah yang pertama yang akan selalu diletakkan dan muncul dimana-mana. Selain itu, kalian juga bisa berkonsultasi langsung perihal pembuatan logo yang menarik di mata dan hati masyarakat.

Ciptakan persepsi untuk Brand

Persepsi bisa diciptakan melalui tanggapan audiens yang sesuai dengan target market kepada brand kalian. Kalian bisa menemukan persepsi brand berdasarkan riset dengan melakukan komunikasi dan bertanya perihal brand kalian dan hal-hal apa saja yang disukai dan juga menarik dari brand tersebut.

Sekiranya seperti itulah cara dasar untuk membangun brand identity untuk produk kalian. Bisa dilanjutkan ke tahap marketing setelah brand identity terbentuk. Dan ingat! identitas jangan diubah-ubah semau hati, karena akan menjadikan strategi pembentukan brand identity menjadi rusak dan sia-sia.

Hana
Hana
Hana merupakan digital marketing di Dimarketing, memberikan solusi seputar digital marketing dengan menjadikan konten berupa tulisan yang simpel dan mudah dimengerti.

Latest stories

You might also like...

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support will reply to your message immediately, wait a minute :)