Local branding, tentu tidak akan mudah untuk membangunnya seperti yang dibayangkan. Karena persaingan terhadap pangsa pasar akan menjadi lebih sulit. Mengingat dominasi brand besar yang memiliki jangkauan pasar yang luas, tidak akan mudah untuk menyainginya.
Tetapi ada juga sisi baiknya, di era ini berbagai startegi efektif bisa dilakukan untuk meningkatkan visibilitas brand dan terhubung ke audiens yang lebih luas.
Untuk itu, kali ini dimarketing akan memberikan 5 tips terbaik agar anda bisa meningkatkan traffic local branding secara efektif dan masif.
Contents
Apasih Local Branding itu?
Local branding merupakan strategi pemasaran yang secara khusus menargetkan pelanggan di dalam wilayah tersebut. Strategi ini memungkinkan bisnis untuk mempromosikan barang-barang mereka kepada pelanggan yang tinggal di kota atau wilayah tertentu.
Jadi, tidak seperti strategi bisnis lain yang menargetkan pelanggan secara nasional atau internasional, branding lokal memungkinkan perusahaan untuk menargetkan pelanggan dari area yang kecil.
Sebenarnya branding lokal sangat mampu untuk membantu menghasilkan lebih banyak prospek atau pelanggan. Tetapi ada baiknya, jika anda bekerja sama dengan agen pemasaran.
Misalnya, jika Anda mempertimbangkan untuk memasarkan bisnis Anda melalui platform digital dan media sosial, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan seperti Dimarketing.id atau perusahaan serupa lainnya.
Bekerja sama dengan agen pemasaran sangatlah penting. Karena mereka memahami semua tren pemasaran yang terjadi, sehingga memungkinkan bisnis Anda untuk tetap memiliki informasi yang diperbarui untuk audiens daripada kompetitor anda.
Selain itu, mempercayakan fungsi pemasaran Anda kepada pihak ketiga memungkinkan Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada peran bisnis penting lainnya, sehingga memungkinkan bisnis Anda untuk berkembang.
Cara Tingkatkan Traffic Local Branding
Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan traffic laju bisnis local branding anda,
Memahami Target Audiens Local Branding
Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan strategi local branding Anda adalah dengan mengetahui audiens target Anda. Audiens target adalah sekelompok atau kelas orang yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda.
Memahami audiens Anda berarti mengetahui hal-hal seperti kelompok usia, minat, dan di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Dari sana, Anda dapat menggunakan strategi pemasaran yang memungkinkan Anda terhubung dengan mereka.
Memanfaatkan Media Sosial
Di dunia digital yang modern ini, Anda tidak boleh mengabaikan kekuatan media sosial. Karena kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka di platform sosial tersebut.
Jadi, masuk akal untuk menemukan dan terhubung dengan calon audiens anda dari sana untuk local branding. Anda Bisa memulainya dengan membuat akun media sosial bisnis anda terlebih dahulu, kemudian lakukan usaha menggunakan content marketing agar terhubung dengan audiens anda.
Baca Juga: 6 Cara Efektif Untuk Membangun Brand Identity
Memanfaatkan media sosial memungkinkan Anda untuk terhubung dengan audiens yang lebih luas. .Karena hal ini bisa meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Dan tentunya, hal ini juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk menghasilkan lebih banyak prospek atau pelanggan.
Tunjukkan Tanggung Jawab Sosial Dari Perusahaan
Mempraktikkan tanggung jawab sosial perusahaan adalah strategi lain yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda di wilayah Anda. Ini melibatkan partisipasi dalam kegiatan komunal seperti membangun rumah sakit, jalan, jembatan, kampanye bebas polusi dan sampah plastik atau proyek lainnya.
Anda juga dapat mempraktikkan tanggung jawab sosial perusahaan dalam local branding dengan mendukung kelompok yang kurang istimewa di masyarakat. Misalnya, Anda dapat menyumbangkan makanan ke panti asuhan setempat, mendukung manula, atau membayar biaya sekolah untuk anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah. Semua ini akan membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan terhubung dengan audiens yang lebih luas.
Selain itu, mempraktikkan tanggung jawab sosial bagi perusahaan memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan kepercayaan dan loyalitas dalam bisnis Anda. Karena sebagian besar pelanggan suka mengasosiasikan diri mereka dengan merek yang membuat mereka merasa bagus saat mengonsumsi atau mengenakan suatu merek tertentu.
Jadi, dengan praktik tanggung jawab sosial perusahaan ini, Anda dapat menarik dan membangun basis pelanggan yang lebih kuat.
Bangun Website dan Google Business Yang Menarik
Saat ini, setiap perusahaan bisnis yang ingin sukses perlu memiliki situs web dan Listing lokasi di Google Map sebagai identitas. Jadi, meskipun Anda menargetkan penduduk lokal, Anda juga harus mulai membuat situs web dan Google Map untuk bisnis anda.
Karena situs web dan Google memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda 24/7, mereka bisa akses dan menelusuri apa saja yang anda bagikan kapanpun dan dimanappun. Sehingga memungkinkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.
Selain itu, situs web bisnis memungkinkan untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens, dan hal ini akan membantu local branding untuk mendapatkan visibilitas dan awareness brand juga.
Bingung Cari Penyedia layanan jasa pembuatan website? Hubungi kami sekarang juga, dapatkan banyak keuntungan bersama Dimarketing.
Kesimpulan
Terhubung dengan penduduk setempat adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadi, jika Anda berencana untuk membawa bisnis Anda secara internasional di masa depan, Anda harus mulai dari kota lokal Anda. Itu sebabnya Anda perlu meningkatkan strategi branding lokal Anda.
Seperti yang telah Anda lihat di atas, ada banyak cara untuk meningkatkan strategi local branding Anda. Seperti memahami audiens target Anda, memanfaatkan pemasaran media sosial, mempraktikkan tanggung jawab sosial perusahaan, dan membangun situs web bisnis.